Bank Indonesia Batasi Penukaran Uang Tunai Baru

Oleh: Wahyu Utama

 

Jika Anda ingin menukarkan uang tunai dengan emisi baru tahun 2016, maka segeralah untuk menukarkannya. Sebab jika tidak segera ditukarkan Anda bisa kehabisan. Berikut ini informasi selengkapnya seperti yang telah dilansir dari Kompas.

Baca Juga: Rahasia Gaya Makan Sehat Ala Pengusaha Sukses

Bagaimana Bisa Terjadi?

Saat ini Bank Indonesia (BI) hanya menyediakan uang tunai baru dengan emisi tahun 2016 sebesar Rp 70 triliun dari total Rp 200 trilliun untuk kebutuhan penukaran menjelang lebaran 2017. Dengan demikian uang sebesar Rp 130 triliun masih merupakan uang tunai dengan tahun emisi lama yaitu 2014.

Bank Swasta Mulai Kehabisan Stok Uang Baru

Harnas

Bank Muamalat di Yogyakarta saat ini sudah mulai kehabisan persediaan uang tunai emisi baru 2016. Sehingga mereka hanya melayani penukaran uang dengan emisi tahun 2014.

Saat dikonfirmasi, pihak Bank Muamalat menuturkan bahwa jumlah uang pecahan kecil telah diatur jumlahnya oleh pemerintah untuk bisa ditukarkan. Batasannya tergantung dari kebutuhan setiap bank yang ada.

Mereka juga menambahkan bahwa setiap cabang yang ditunjuk oleh Bank Indonesia untuk menukarkan uang hanya didukung sehari Rp 100 Juta untuk menukarkan uang baru.

Alasan Adanya Pembatasan

Terbatasnya peredaran uang tunai emisi baru tahun 2016 ternyata memiliki beberapa alasan yang mendasarinya. Rohan Hafas, seorang Corporate Secretary Bank Mandiri menuturkan bahwa terbatasnya peredaran uang baru dikarenakan adanya prinsip ekonomi.

Dimana jika uang yang baru diedarkan tanpa menarik uang emisi lama, maka akan terjadi pertambahan uang beredar dimasyarakat. Dengan demikian saat ini satu lembar uang yang tak layak edar ditukarkan dengan satu lembar uang yang baru.

Lalu kapan uang tak layak edar akan ditarik?

Hal tersebut tergantung dari kondisi uang yang ada, dimana jika kondisi uang yang sudah rusak atau sudah sangat kumuh sebagai alat transaksi.

Rohan Hafas juga menambahkan bahwa pihak bank tidak bisa menentukan jenis uang yang diedarkan dan juga yang ada di dalam mesin ATM. Sebab hal tersebut merupakan wewenang dari Bank Indonesia.

Jika Anda ingin segera mendapatkan uang emisi tahun 2016 yang baru untuk dijadikan THR untuk anak-anak atau keponakan, maka segeralah menukarkan uang tersebut agar tidak kehabisan.

Ingat, Bank Indonesia membatasi penukaran uang tunai emisi baru.

Baca Juga: Inspiratif! 4 Entrepreneur Muslim Ini Cocok Kita Soroti di Bulan Ramadan

Lifestyle Trends | 11 / 06 / 2017 | 648