Teknologi Precast Permudah Pembangunan Hunian Vertikal. Seperti Apa?

Oleh : Wahyu Utama

 

Pembangunan hunian khususnya hunian vertikal biasanya memakan banyak sekali waktu dan biaya dalam prosesnya. Namun saat ini kedua kendala di atas dapat Anda atasi dengan penerapan teknologi Precast yang akan mempermudahnya. Penerapan teknologi Precast akan memberikan banyak sekali keunggulan yang bisa Anda dapatkan.

Apa saja keunggulan tersebut?

Berikut penjelasannya lebih lanjut yang dilansir dari Bisnis.com

Baca Juga: Terungkap! Ini Beda Hunian di Jepang dan Indonesia

Teknologi beton precast merupakan sebuah teknologi yang banyak dikembangkan oleh sejumlah kontraktor BUMN. Tujuan dikembangkannya teknologi ini adalah untuk mempercepat proses pembangunan hunian vertikal yang selama ini memakan banyak sekali biaya dan waktu.

Syarif Burhanudin, Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rajyat (PUPR) menyatakan bahwa dengan menggunakan teknologi precast maka dapat menghemat biaya, waktu, dan juga tenaga kerja sekitar 12 persen.

Melihat manfaatnya yang sangat besar dalam menghemat biaya dan waktu pembangunan, maka teknologi precast mulai didorong untuk bisa dilakukan dalam membangun hunian yang vetrtikal. Sehingga proses pengerjaan apartemen dan rusun dapat dikerjakan dengan lebih cepat dari sebelumnya.

Ia pun menambahkan bahwa teknologi precast ini bukan hanya dapat digunakan oleh para pengembang pada bangunan vertikal saja. Namun bangunan seperti rumah tapak bisa juga memanfaatkan teknologi ini khususnya pada dinding bangunan.


Equityapartments.com

Saat menggunakan teknologi precast bukan berarti peran tukang yang bekerja secara konvensional tidak lagi dibutuhkan. Nyatanya peran tukang bangunan masih tetap dibutuhkan dalam proses pembangunan. Hanya saja dengan adanya teknologi ini pekerjaan tukang bangunan dapat menjadi lebih mudah.

Dengan penghematan biaya sekitar 12 persen ditambah lagi dengan penghematan dari sisi tenaga kerja dan waktu tentu menjadikan teknologi prescast patut untuk dipertimbangkan.

Pixabay.com

Terakhir Syarif Burhanudin pun menuturkan bahwa ia berharap para kontraktor BUMN yang ada seperti PT PP bisa melatih para kontraktor di daerah-daerah untuk memanfaatkan teknologi precast.

Dengan semakin banyaknya pihak yang memanfaatkannya tentu program satu juta rumah yang dicanangkan oleh pemerintah dapat lebih mudah untuk terwujud.

Hal yang tidak kalah penting lagi adalah biaya yang lebih murah dalam membangun hunian diharapkan dapat menekan harga hunian yang setiap tahun terus meningkat.

Lifestyle Trends | 15 / 06 / 2017 | 218