4 Cara Memperoleh Pinjaman Modal Bisnis Kecil

Oleh : Wahyu Utama

 

Saat akan mengembangkan usaha yang sedang dirintis ,sering kali Anda membutuhkan modal yang cukup untuk melakukannya. Namun yang menjadi permasalahan bagi Anda yang baru saja merintis usaha ataupun baru memiliki bisnis dibawah 3 tahun adalah kesulitan untuk mendapatkan akses ke pembiayaan.

Sehingga banyak dari usahawan lebih memilih untuk menggunakan dana pribadi untuk mengembangkan usahanya.

Namun benarkah demikian?

Tidak seratus persen benar, sebab Anda masih bisa meminjam dana untuk mengembangkan bisnis kecil tersebut.

Berikut caranya.

Baca Juga: 8 Kebiasaan Orang Sukses di Pagi Hari yang Bisa Anda Tiru

1. Menggunakan Jasa KTA Fintech


Businessinsider.com

Saat ini telah ada alternatif pembiayaan usaha selain perbankan yang bisa kamu dapatkan. Pesatnya kemajuan di bidang teknologi turut memberikan kemudahan bagi para pelaku usaha kecil. Anda bisa menggunakan jasa fintech yang banyak menawarkan kredit dengan syarat dan ketentuan yang lebih ringan dibandingkan dengan perbankan.

Fintech bisa menjadi alterbatif sumber pembiayaan untuk para pelaku usaha kecil yang merasa kesulitan untuk mendapatkan modal usaha.

2. KUR Bunga Rendah


Pixabay.com

Pinjaman usaha kecil selanjutnya yang bisa kamu manfaatkan adalah KUR (Kredit Usaha Rakyat). KUR merupakan sebuah program yang dicanangkan oleh pemerintah untuk meningkatkan jumlah pengusaha di tanah air. Secara khusus, program ini lebih ditujukan untuk para pengusaha kecil yang sebelumnya belum pernah mendapatkan pinjaman untuk mengembangkan usahanya.

Keunggulan yang akan Anda dapatkan dari KUR meliputi bunga yang lebih rendah dibandingkan dengan pinjaman pada umumnya. Selain itu Pemerintah juga memberikan subsidi bunga atas pinjaman Anda.

Meskipun KUR menetapkan sejumlah persyaratan pinjaman, namun persyaratannya tidak seketat perbankan.

Baca Juga: Bank Indonesia Batasi Penukaran Uang Tunai Baru

3. Koperasi Credit Union


StockSnap.com

Selanjutnya Anda bisa menjadi salah satu anggota koperasi dari Credit Union. Jika telah menjadi salah satu anggota disana, maka Anda akan mendapat fasilitas pinjaman usaha dengan cepat dan mudah.

Syarat untuk menjadi anggota di Koperasi Credit Union adalah dengan terlebih dahulu menempatkan simpanan terlebih dahulu.

4. Memanfaatkan Aset yang Dimiliki


www.rumah.com

Manfaatkan Aset Anda seperti rumah atau mobil untuk dijadikan sumber mendapatkan modal usaha dengan skema pembiayaan multi-guna.

Jika saat ini status rumah atau mobil yang Anda miliki masih kredit, maka mulailah untuk mengajukan top-up atas pinjaman KMG atau KPR yang sedang berjalan.

Top-up merupakan menambah jumlah kredit baru atas plafond pinjaman sebelumnya yang nantinya bisa Anda gunakan untuk membiayai usaha.

Baca Juga: Ingin Tarik Uang Di Atas 100 Juta? Perhatikan Hal-hal Ini