Ini 5 Cara Mengelola Keuangan yang Salah Saat Berumur 40 Tahun

Oleh: Wahyu Utama

 

Umur 40 tahun seharusnya seseorang telah berada pada kemapanan keuangan. Artinya pada usia tersebut Anda sudah berada pada posisi keuangan yang sangat aman.

Namun tidak semua orang yang telah mencapai umur 40 tahun merasakan hal tersebut. Sebab ada sebagian orang yang belum merasakan kemapanan finansial dalam usia yang menginjak 40 tahun.

Jika Anda juga mengalami hal di atas, maka saat ini sudah saatnya berubah untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik lagi. Berikut 5 cara mengelola keuangan yang tidak seharusnya Anda lakukan saat menginjak usia 40 tahun yang kami lansir dari Kompas.

Baca Juga: 4 Cara Memperoleh Pinjaman Modal Bisnis Kecil

1. Gaya Hidup Naik Tidak Terkendali


elementlifestyle.com

Kebanyakan masyarakat mendapatkan puncak penghasilan mereka di usia yang ke 40 tahun atau mendekati usia yang ke 50 tahun. Besarnya penghasilan yang didapatkan akan berpengaruh pada besarnya pengeluaran yang akan dilakukan oleh seseorang.

Sebagai contohnya membeli mobil yang lebih besar, lebih sering berlibur, lebih sering makan diluar, dan lain sebagainya. Padahal hal ini tidaklah baik untuk Anda lakukan, lebih baik Anda hidup berkecukupan daripada harus membeli berbagai macam barang yang telah Anda miliki sebelumnya.

2. Memperbesar Ukuran Rumah


dompetsehat.com

Di usia yang ke 40 tahun sudah seharusnya Anda tinggal di tempat yang lebih nyaman. Namun kriteria nyaman pada saat Anda memiliki rumah baru dan pada usia yang ke 40 tahun seringkali berbeda. Pada usia 40 tahun pasti Anda mulai berpikiran untuk mulai memperbesar ukuran rumah, memperindah kamar mandi, dan lain sebagainya.

Jangan melakukan hal ini secara berlebihan, sebab mampu memiliki rumah adalah sebuah kenyamanan yang sesungguhnya.

3. Dana Darurat Tetap Jumlahnya


innovativewealth.com

Pada usia yang ke 40 tahun seharusnya Anda memiliki dana darurat yang lebih besar dibandingkan sebelumnya. Sebab dana darurat yang berjumlah tetap tidak akan mampu untuk mencukupi keperluan Anda saat ini.

Pengeluaran yang perlu Anda keluarkan menjadi lebih besar, lebih banyak keperluan yang harus dibiayai. Sehingga dana darurat yang telah disiapkan sebelumnya tidak akan mencukupu kebutuhan Anda sekarang.

4. Tidak Memperhatikan Kesehatan


alodokter.com

Jika Anda tidak memperhatikan kesehatan pada usia yang ke 40 tahun. Maka Anda harus siap-siap untuk mengeluarkan dana kesehatan yang lebih besar pada saat pensiun nantinya.

Artinya Anda harus lebih mampu mengelola waktu dan kegiatan yang sedang dilakukan. Caranya adalah dengan memperhatikan jam kerja, jam untuk keluarga, dan jam istirahat. Bagi ketiga waktu tersebut secara seimbang agar Anda memiliki waktu yang efektif dalam hidup.

5. Mulai Berpikir Bahwa Anda Terlalu Tua Untuk Menabung


wisebread.com

Ingatlah, tidak pernah ada kata terlambat untuk memulai sesuatu termasuk menabung. Jika Anda belum mempersiapkan dana tabungan untuk disiapkan untuk pensiun, maka segeralah melakukan hal ini.

Baca Juga: Tanpa Disadari, Sikap Ini Justru Buat Pelanggan Kabur Saat Bertransaksi

Lifestyle | 22 / 06 / 2017 | 186134