Waspada! Bisnis Kecil Sering Lakukan 5 Dosa ini

Oleh: Wahyu Utama

Memulai sebuah bisnis dan sedang berada pada fase perkembangan menuntut banyak sekali perhatian yang perlu dilakukan. Masalah keuangan turut menjadi faktor yang penting untuk Anda perhatikan.

Sebab para pebisnis kecil sering kali melakukan kesalahan pada banyak faktor keuangan.

Apa saja kesalahan tersebut?

1.Mencampur Dana Pribadi dan Dana Bisnis


pexels.com

Kesalahan ini sering kali dilakukan banyak pemilik usaha kecil yang masih memiliki sedikit pengalaman. Masalah dapat terjadi di masa depan jika Anda tidak memisahkan rekening usaha dengan pribadi.

Sangat sulit untuk melacak biaya saat melakukan pembelian untuk pribadi ataupun sebaliknya jika memiliki satu rekening yang sama. Solusinya, buat rekening yang berbeda untuk dana bisnis dan dana pribadi.

 

2.Melakukan Pengeluaran yang Tidak Penting


pexels.com

Hal ini sering kali terjadi di saat Anda telah melihat pendapatan yang telah ada di depan mata dan tidak menyadari kekurangan dana.

Kemudian Anda mulai tertarik untuk menghias kantor dan membeli berbagai perlengkapan kantor yang belum begitu penting untuk dilakukan.

Lebih bijak jika Anda meneliti dengan baik setiap pengeluaran dan melihat manfaat nyata yang akan dihasilkan dari pengeluaran tersebut.

Baca Juga: Bukan IQ Tinggi, 3 Syarat ini Kualitas Pemimpin Hebat

 

3.Langsung Merekrut Banyak Karyawan


pexels.com

Ketika Anda melihat arus pendapatan yang cukup mantap di dalam usaha, Anda mulai berpikiran untuk mempekerjakan terlalu  banyak orang. Hal ini harus Anda waspadai sebab dapat menjadi pukulan yang mematikan terhadap usaha yang sedang dijalankan.

Lebih baik Anda mempekerjakan sebagian kecil orang yang memiliki bakat dan aktif berkontribusi untuk membantu usaha terus berkembang.

 

4.Tidak Menyimpan Dana Darurat


scmp.com

Penting bagi Anda yang memiliki usaha berkembang, untuk memiliki dana cadangan yang dapat digunakan sewaktu-waktu. Sebab kita tidak pernah tahu kapan akan terjadi krisis aliran pendapatan ataupun pengeluaran tak terduga.

 

5.Tidak Melakukan Pencatatan


pexels.com

Besar kecilnya bisnis yang sedang dijalankan, Anda tetap harus memiliki catatan rinci tentang setiap rincian biaya dan transaksi yang sedang dijalankan.  

Baca Juga: Semua Pemimpin Sukses Pasti Punya 4 Kualitas ini! Kira-kira Anda Termasuk?

Mimpi buruk para pengusaha adalah ketika usahanya gagal berkembang hingga bangkrut. Lima dosa keuangan di atas, harus Anda hindari jika ingin usaha terus berkembang. Catat dan terapkan!

Managemen | 17 / 07 / 2017 | 185596