Koleksi artikel SEMEN GRESIK Business Care Center

Salesman Tidak Produktif? Tingkatkan Kualitas dengan 2 Kunci Disiplin ini

Dalam profesi penjualan, tiap prosesnya pasti memiliki prosedur praktis yang harus dijalankan. Ada kalanya salesman menganggap prosedur itu hanya pekerjaan tambahan yang menambah beban. Padahal sesungguhnya prosedur dibuat oleh perusahaan untuk mendukung pekerjaan yang dilakukan karyawannya. Ini sebenarnya demi kebaikan salesman juga. Apa jadinya jika bertemu dengan calon pelanggan penting tanpa membawa kartu nama? Untuk mendisiplinkan tim penjualannya, kadang kala perusahaan memang masih perlu melakukan “pemaksaaan”. Meskipun demikian, tentu kesadaran pribadi untuk mendisiplinkan diri adalah pilihan yang paling baik. Berikut adalah dua kunci penting yang mudah diterapkan.

 

Memahami Manfaat di Masa Mendatang

pexels.com

Hal pertama yang harus direnungkan kita sebagai salesman, adalah memahami manfaat yang akan diperoleh nanti. Sebagaimana peribahasa yang sangat kita kenal dahulu; “berakit-rakit dahulu berenang-renang ke tepian, bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian”. Intinya kita memang harus bisa meyakini manfaat yang akan diperoleh sebagai hasil segala upaya tadi. Amati dan pelajari, semua pasti akan bermanfaat di masa depan.

Baca Juga : Bukan IQ Tinggi, 3 Syarat ini Kualitas Pemimpin Hebat

 

Gunakan Teknik Power Hour

pixabay.com

William Miller dan Ron Zemke dalam buku mereka yang berjudul Knock Your Socks Off Prospecting mengemukakan teknik Power Hour. Power Hour adalah satu jam dalam sehari, 5 jam dalam seminggu, yang memang kita sediakan khusus untuk suatu aktifitas atau rencana penting yang harus dilakukan secara rutin. Intinya, melalui teknik ini aktifitas penting tadi akan menjadi sebuah rutinitas, bukan sekedar sesuatu yang dilakukan jika ada waktu. Misalnya, aktifitas menjaga hubungan dengan pelanggan-pelanggan lama kita. Dengan teknik Power Hour ini, berarti kita harus menyisihkan waktu setidaknya 1 jam setiap hari untuk mengontak mereka. Entah sekedar menyapa atau bisa juga memberikan informasi yang mungkin bermanfaat bagi mereka.

Awalnya memang seolah memaksa diri sendiri. Namun seiring waktu, yang terpaksa akan menjadi biasa. Ini seperti mendorong gerobak. Bagian paling berat adalah saat awal-awalnya. Namun begitu roda gerobak mulai bergerak, selanjutnya akan menjadi lebih ringan. Rasa manis akan semakin bertambah saat hasilnya kita rasakan. Meminjam kata-kata seorang motivator; “keraslah pada dirimu, maka dunia akan lunak kepadamu”.

Baca Juga : Ternyata Jualan Itu Tidak Boleh Kebanyakan Ngomong

11 / 01 / 2017
by Editor
tagline