Terapkan 5 Formula Kreatifitas ini Agar Bisnis Selalu Unggul!

Pebisnis yang kreatif akan bisa melihat peluang-peluang baru yang terlewatkan oleh orang lain. Masalahnya, karena sering berhubungan dengan pekerjaan yang sifatnya rutin, pebisnis sering kehabisan ide kreatif. Akhirnya, yang keluar ide yang itu-itu saja. Lalu, bagaimana mengatasinya?

Kentaro Kimura Co-CEO dan Executive Creative Director dari Hakuhodo Kettle Jepang, berbagi mengenai lima formula kreativitas yang disebut “alkimia kreatif”. Berikut adalah resep kreativitas a la Kentaro:

 

Penggabungan

pexels.com

Ide kreatif dapat lahir dengan menggabungkan dua ide atau konsep yang sudah ada. Sebagai contoh, pulpen biasa dapat digabungkan dengan alat perekam gambar sehingga menjadi camera pen. Selain berfungsi biasa untuk menulis, camera pen bisa membantu untuk merekam kejadian tanpa diketahui orang lain, sehingga sering digunakan lembaga intelijen. Formula ini dipraktikkan oleh Pertamina. BUMN ini sekarang punya toko ritel yang diberi nama My Pertamina. Konsep tokonya menggabungkan toko mainan anak, butik baju dan toko merchandise. 

Baca juga : Teknologi Precast Permudah Pembangunan Hunian Vertikal. Seperti Apa?

 

Peniruan

pexels.com

Ide kreatif juga bisa lahir dengan meniru prinsip dasar dari ide atau konsep yang sudah ada. Wright bersaudara terinspirasi dengan burung yang mampu terbang dengan keseimbangan udara. Mereka meniru cara kerja terbangnya burung dan menciptakan pesawat terbang pertama di dunia. Meniru berbeda dengan menjiplak. Menjiplak berarti meniru persis tanpa seijin penciptanya. Meniru adalah proses mendapatkan inspirasi dari bentuk yang sudah ada.

 

Putar Balik

pexels.com

Sadar atau tidak, kita sudah terlalu terbiasa dengan aturan dan norma yang berlaku. Namun, formula putar balik menawarkan pendekatan yang tidak biasa untuk menemukan ide kreatif. Ide dapat lahir dari mempertanyakan norma, praktik, serta realitas lalu membuat ide kebalikannya. Ingat iklan Dove dengan model yang bentuk fisiknya biasa-biasa saja? Lewat iklan tersebut, Dove menunjukkan formula putar balik atas standar kecantikan yang telah ada selama ini.

 

Bagaimana Jika…

pexels.com

Seringkah kita berandai-andai membayangkan kehidupan yang lain? Ternyata angan-angan pun bisa menjadi ide kreatif. Ide tipe ini dapat muncul dari imajinasi murni untuk membayangkan sesuatu yang tidak pernah terjadi atau belum pernah ada sama sekali. Harry Potter rekaan J.K. Rowling adalah contoh formula angan-angan yang menjadi ide kreatif.

 

Kebenaran di Balik Sebuah Fakta

pexels.com

Formula ini mengajak kita untuk mencari tahu apa sesungguhnya yang ada di balik fakta, peristiwa, maupun perilaku. Sebagai contoh, Sir Isaac Newton menemukan kekuatan gravitasi dari jatuhnya sebuah apel. Dalam pikirannya, “Mengapa apel yang jatuh selalu turun tegak lurus ke tanah?” Di masanya, tentu saja semua orang tahu bahwa jika sebuah benda jatuh, pastilah ke bawah. Namun, pertanyaan “mengapa” Newton inilah yang membuatnya menemukan konsep gaya gravitasi.

 Baca juga : 4 Cara Memperoleh Pinjaman Modal Bisnis Kecil

Jadi, sudah siap untuk membuat terobosan kreatif dalam bisnis Anda?

Managemen | 17 / 05 / 2017 | 3415