3 Cara Mendapat Kepercayaan Konsumen, Jangan Asal Ngomong Saat Jualan

Jalin kepercayaan konsumen dan rekan agar bisnis selalu lancar!

 

Oleh: Redaksi

Kesamaan bisa menjadi faktor yang mempercepat terjadinya kedekatan. Hal berbeda terjadi ketika Anda bertemu dengan orang baru yang tidak memiliki satu unsur kesamaan sama sekali. Perbincangan bisa jadi hanya sebatas basa-basi untuk mengisi waktu. Walaupun demikian, unsur kesamaan akan mempercepat tumbuhnya kepercayaan dari konsumen dan rekan bisnis. Simak penjelasannya berikut:

1. Keakraban terjalin dari kesamaan

pexels.com

Pernahkan Anda bertemu seseorang, entah itu di stasiun kereta api, bandar udara, atau di mana saja dan terjadi perbincangan yang hangat dan akrab? Tentu sangat menyenangkan kalau kita bisa langsung akrab dengan orang lain. Keakraban itu tentunya terjadi karena satu faktor kuat yang mendukungnya. Contohnya, ternyata Anda satu almamater atau pernah tinggal di lingkungan yang sama, dan lainnya.

2. Kesamaan adalah dasar dari komunikasi yang berhasil

cyberaspa.org

Menggunakan unsur kesamaan memang menjadi salah satu kunci sukses dalam menjalin relasi. Kesamaan ini dilakukan tidak hanya antar individu, dalam relasi antar bangsa dan negara pun sering kali faktor kesamaan menjadi dasar dalam membangun diplomasi. Adanya unsur kesamaan ini akan mudah dalam menumbuhkan sikap saling percaya atau kepercayaan.

Baca Juga: Mudah Ditemui, Ternyata Hal Ini Menguntungkan Bagi Bisnis

3. Dunia bisnis yang berdasar pada kesamaan dan kepercayaan yang terjalin

pexels.com

Cara ini pula yang diterapkan dalam dunia bisnis. Nah, praktik ini pun bisa diterapkan dalam dunia penjualan. Menjual adalah tentang membangun hubungan kepercayaan. Salah satu cara membangun hubungan kepercayaan yang ia lakukan adalah dengan cara menemukan kesamaan. Cara terbaik untuk menjual adalah bukan lagi bicara soal produk yang Anda tawarkan. Lebih dari itu, pembicaraan meliputi banyak tema, seperti olah raga, musik, dan lainnya. Melampaui tema tentang produk atau jasa yang ia tawarkan.

Secara singkat, bisa kita rumuskan bahwa untuk menjual tidak selalu harus bicara produk di awal-awal pertemuan. Paling penting adalan mencari cara untuk membangun sebuah hubungan kepercayaan, maka order akan mengikuti. Untuk itu, Anda harus sabar dan disiplin.

Baca Juga: 5 Tahap Marketing Sukses, Anda Wajib Tahu Agar Tak Merugi!

Sales | 07 / 12 / 2017 | 51