Koleksi artikel SEMEN GRESIK Business Care Center

3 Teknik Psikologi Ini Bisa Buat Jualan Laris, Lho!

Oleh: Evelyn Davsy

Sering dilupakan, seorang pemasar yang baik wajib dapat mengetahui psikologi konsumennya dengan baik, lho. Hal ini terutama karena manusia merupakan mahluk yang terbiasa menimbang keputusannya berdasarkan pemikian yang logis serta dengan menggunakan perasaan. Dalam sebuah buku How Customer Think yang ditulis oleh Gerald Zaltman, seringkali keputusan pembelian dimulai dari alam bawah sadar.

Untuk itu, berikut adalah 3 teknik psikologis dalam penentuan harga yang dapat memberikan efek mencolok pada perilaku konsumen.

1. Efek umpan: perkenalkan harga yang tak berguna.

marketingmag.ca

Efek umpan memang bukanlah istilah yang umum dalam dunia pemasaran. Seorang pakar konversi, Jeremy Smith, mencontohkan efek umpan ini pada harga-harga popcorn yang ada di bioskop.

Biasanya, akan ada 2 harga popcorn di bioskop, yaitu 35 ribu dan 50 ribu. Kebanyakan orang akan memilih popcorn dengan harga 35 ribu karena menganggap tak membutuhkan popcorn terlalu banyak.

Untuk mengakalinya, biasa akan tersedia 3 harga popcorn, yaitu 25 ribu, 35 ribu, dan 40 ribu. Dalam skenario yang kedua ini, orang-orang akan memilih popcorn dengan harga yang lebih mahal. Mereka menganggap bahwa popcorn medium dan large hanya berbeda 5 ribu, sehingga lebih baik membeli popcorn dengan ukuran large.  

"Harga di tengah, sementara tampaknya ‘tidak berguna’  karena tidak memberikan nilai apapun, tetapi berguna untuk membuat pelanggan beralih dari ‘pencari barang murah’ ke ‘pencari nilai’," tulis Gregory Ciotti, dalam blog Kissmetrics.

Baca Juga: 5 Tips Anti Bangkrut Pasca Liburan Tahun Baru

2. Bundling atau penggabungan beberapa barang.

singaporebusiness.com

Pernahkah Anda mendapatkan promo CD musik jika membeli makanan di KFC? Ini merupakan salah satu contoh bundling atau penggabungan beberapa barang. Teknik bundling membutuhkan pemikiran yang hati-hati dan strategis sehingga dapat menarik perhatian konsumen. Selain itu, jangan sampai paket bundling dapat mengurangi nilai dari barang.

3. Berikan konsumen kesepakatan dengan memberikan beberapa harga referensi.

ul.com

Teknik ini menjadi teknik psikologis yang banyak diterapkan. Dengan memunculkan harga referensi, Anda pun dapat membuat konsumen berpikir bahwa harga yang Anda berikan adalah harga terbaik. Misalnya, ketika Anda menjual produk dengan harga 200.000 yang kemudian dicoret menjadi 150.000, maka konsumen akan lebih tertarik.

Dengan adanya harga 200.000 di awal, pembeli akan menganggap bahwa harga yang kemudian Anda berikan adalah harga termurah dan produk Anda menjadi menarik untuk dibeli.

3 teknik di atas pun dapat menjadi teknik psikologis yang dapat meningkatkan harga produk Anda di mata calon konsumen. Alhasil, konsumen akan lebih tertarik dan produk Anda akan dapat terjual dengan lebih cepat!

Baca Juga: Makin Untung, Ini Cara Cerdas Beriklan Di Media Online!

21 / 12 / 2017
Oleh: Redaksi
tagline