5 Aturan Keuangan Ini Bikin Libur Akhir Tahun Irit dan Menyenangkan

Oleh: Evelyn Davsy 

Tahun 2017 sudah hampir berakhir, sudahkah Anda merencakan liburan akhir tahun? Menyenangkan memang, namun dalam merencanakan liburan, Anda tak bisa sembarangan, lho. Jangan sampai karena liburan, kondisi keuangan Anda menjadi memburuk. 

Berikut adalah 5 aturan yang tak boleh Anda lupakan saat merencanakan liburan akhir tahun.

1. Rencanakan dari jauh hari. 

picjumbo.com

Merencanakan liburan dari jauh-jauh hari memang dapat memberikan keuntungan. Harga tiket serta akomodasi yang Anda pesan jauh-jauh hari tentunya akan lebih murah. Selain itu, Anda pun bisa merencanakan cuti atau menyicil pekerjaan jika diperlukan. Jika Anda masih belum merencanakan liburan akhir tahun, mungkin sekarang adalah saat yang tepat untuk merencanakannya. 

2. Pilih waktu yang tepat.

finda.photo

Kapan Anda mau berlibur? Apakah saat libur Natal, libur tahun baru, atau libur awal tahun? Cocokkan pula waktu ini dengan tanggal libur Anda, anak, serta harga yang akan Anda pilih. Biasanya liburan beberapa minggu setelah awal tahun akan lebih murah dari pada ketika Anda memutuskan untuk berlibur tepat saat libur Natal atau pergantian tahun.

Baca Juga: Jangan Dilakukan, Ini Dia 5 Hal yang Dihindari oleh Semua Orang Sukses!

3. Perhatikan kondisi keuangan Anda. 

pixabay.com

Berlibur memang menyenangkan, namun Anda wajib memperhatikan kondisi keuangan Anda. Apakah ada hutang dan tunggakan yang belum dibayar? Apakah Anda memiliki dana yang cukup untuk berlibur? Usahakan pula untuk tidak membayar liburan dengan menggunakan kartu kredit. Jika memang kondisi keuangan Anda tidak mencukupi, mungkin tidak ada salahnya hanya berlibur di dalam kota dengan biaya yang lebih hemat. 

4. Tentukan destinasi liburan.

pexels.com

Ke mana Anda akan berlibur? Tak harus ke luar kota atau luar negeri, sebenarnya liburan bisa dilakukan di dalam kota. Anda bisa membuat acara yang menyenangkan bersama teman dan keluarga, misalnya menginap bersama sambil marathon menonton serial TV kesukaan, atau mungkin membuat acara barbekiu di malam pergantian baru. 

Jika pergi ke luar kota atau ke luar negeri, perhitungkanlah pula dana yang akan Anda keluarkan, akomodasi yang nyaman untuk Anda, serta berapa lama Anda akan berlibur.  

5. Buatlah perencanaan yang realistis. 

pixabay.com

Tentukan batas pengeluaran yang akan Anda gunakan untuk liburan. Namun batas pengeluaran ini haruslah realistis agar dapat ditepati dengan baik. Perhitungkan juga hal-hal kecil, misalnya transportasi ketika Anda pergi ke luar kota atau negeri, makanan, hotel, budget belanja, bahkan dana yang mungkin akan Anda berikan untuk memberi tip. 

Berlibur memang menjadi salah satu cara untuk melepas penat. Namun pastikan bahwa Anda sudah benar-benar merencanakannya dengan baik, ya. Jangan sampai karena berniat melepas penat dengan berlibur, Anda malah mendapat kepenatan tambahan karena kondisi keuangan yang memburuk setelah liburan. 

Jadi, sudah siap untuk berlibur?

Baca Juga: Pantas Sukses, Ternyata Seperti Ini Kebiasaan Orang Kaya di Akhir Pekan!

Lifestyle Managemen | 27 / 11 / 2017 | 157