5 Sikap Ini Bikin Salesman Lebih Mudah Sukses

Menjaga komitmen untuk pelanggan itu perlu, lho!

 

Oleh: Redaksi

Menjadi salesman di era digital seperti saat ini bukan perkara mudah. Konsumen menjadi semakin kritis, bahkan lebih mengetahui soal produk dan layanan daripada salesman itu sendiri. Tapi, bukan berarti profesi salesman sudah tamat. Berikut adalah 5 hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan layanan yang diberikan oleh salesman:

1. Memberi layanan lebih daripada yang diinginkan

unsplash.com

Jika seorang salesman bisa membuat pelanggannya puas, maka pelanggan inilah yang nanti akan membantunya jualan lewat rekomendasi ke orang-orang di sekitarnya. Hebat kan? Namun menciptakan kepuasan bukan perkara mudah. Kepuasan adalah kondisi saat pelanggan manggut-manggut seraya berujar "OK" atau tersenyum-senyum simpul seraya berkata "AHA". Kepuasan akan tercipta saat seorang pelanggan punya ekspektasi tertentu , lalu mendapatkan sesuatu yang melampaui ekspektasinya tadi. Kepuasan itu memerlukan kejutan yang diberikan oleh salesman.

2. Konsisten, menyatukan kata dengan perbuatan

dramabeans.com

Selama ini ada persepsi umum bahwa salesman itu jago mengumbar janji-janji manis untuk memikat pembeli. Jadi, jika ternyata ada salesman yang terbukti selalu menepati janji yang ia berikan, kata-katanya tidak berbeda dengan apa yang dilakukan, inilah yang bisa membuat pelanggan sangat terkesan. Satunya kata dengan perbuatan yang dilakukan akan membuat pelanggan memberikan kepercayaan.

Baca Juga: Merasa Sudah Sukses? Pastikan Anda Sudah Melakukan 3 Hal Ini

3. Memberikan sentuhan emosional bagi pelanggan

unsplash.com

Jika pelanggan sebenarnya hanya mengharapkan sebuah senyuman dari seorang salesman, namun yang ia dapatkan justru senyuman plus bantuan untuk membawakan barang belanjaannya hingga ke lokasi parkir kendaraan, hampir pasti ia akan puas. Momen ini memang bisa terjadi saat seorang salesman bisa “mengejutkan” pelanggannya dengan memberikan sentuhan emosional pada produk atau layanan yang kita jual.

4. Mengajari pelanggan untuk tumbuh

cyberaspa.org

Jika seorang salesman bisa memainkan peran sebagai konsultan bagi pelanggan, maka terbuka peluang baginya untuk membuat pelanggan terkesan. Salesman memang tidak hanya dituntut untuk bisa mendapatkan pelanggan baru (get) dan mempertahankan pelanggan lama (keep), namun juga harus bisa menjadikan pelanggan tumbuh lebih baik (grow). Kepuasan konsumen terjadi saat pelanggan bisa tumbuh menjadi individu ataupun institusi yang lebih baik lewat bantuan salesman.

5. Merawat pertemanan untuk jualan

unsplash.com

Hubungan salesman dan pelanggan umumnya hanya bersifat transaksional. Loe jual, gue beli. Jika kita bisa memperlakukan pelanggan layaknya seorang teman, inilah momen istimewa yang bisa membuat mereka terkesan. Beberapa hal praktis yang bisa dilakukan misalnya mengingat hal-hal personal tentang pelanggan ataupun menyapa mereka (baik secara langsung ataupun melalui mobile media) meski tak lagi ada hubungan jual beli.

Joe Girard, salesperson legendaris yang bisa menjual 6 mobil dalam waktu sehari, punya jurus rahasia untuk menerapkan prinsip ini. Dia biasa “menyapa” pelanggan yang pernah membeli mobil kepadanya lewat surat-surat personal yang dikirimkannya sebulan sekali selama 1 tahun.

Baca Juga: Nasib Bisnis Ternyata Ditentukan Oleh Hal Sepele Ini Lho

Sales | 30 / 11 / 2017 | 37