5 Tahap Marketing Sukses, Anda Wajib Tahu Agar Tak Merugi!

Apakah Anda sudah memahami hal ini?

 

Oleh: Redaksi

Dalam buku klasiknya yang berjudul Marketing Warfare (1986), Al Ries dan Jack Trout menyatakan bahwa marketing yang sesungguhnya terjadi di dalam kepala pelanggan. Ya, hakekatnya para perusahaan itu sedang memperebutkan hati dan pikiran pelanggan.

Ada tahapan materi marketing yang terjadi sebelum konsumen benar-benar melakukan pembelian. Tahapan-tahapan ini mengacu para proses pengambilan keputusan yang terjadi di dalam benak konsumen. Simak penjelasannya berikut: 

1. Tahap untuk dikenal oleh konsumen (awareness)

pixabay.com

Pada tahap awal ini, semua perusahaan berebut untuk dikenal oleh pelanggan. Asumsinya, tak kenal maka tak sayang. Tak sayang maka tak beli. Jadi, perang pertama adalah menjadi produk yang paling dikenal oleh pelanggan (top of mind).

2. Tahap untuk dikenal oleh konsumen (appealing)

pexels.com

Setelah dikenal, selanjutnya produk juga harus bisa membuat calon pelanggan tertarik. Berbagai keunggulan produk ditonjolkan agar pelanggan lebih memilihnya dibandingkan kompetitor.

Baca Juga: Mudah Ditemui, Ternyata Hal Ini Menguntungkan Bagi Bisnis

3. Tahap memberikan jawaban pada konsumen yang bertanya (asking)

pixabay.com

Aktivitas bertanya menjadi sebuah tahapan baru yang lazim dilalui pelanggan sebelum membeli barang. Meskipun sudah muncul ketertarikan, pelanggan masih akan mencari informasi lebih jauh dengan bertanya. Caranya bisa dengan memanfaatkan search engine, media sosial, grup online dan sebagainya. Karena itu, perusahaan harus bisa hadir untuk memberikan jawaban yang mendukung produk atau jasanya.

4. Tahap memfasilitasi pembelian konsumen (act)

pexels.com

Setelah pelanggan merasa yakin dengan sebuah produk atau jasa, selanjutnya perusahaan harus memastikan bahwa mereka mendapatkan kemudahan untuk mendapatkannya. Jika tidak, produk kompetitor akan hadir sebagai substitusinya. Untuk itulah berbagai saluran distribusi offline dan online harus dioptimalkan agar pelanggan bisa mendapatkan produk dengan mudah dan nyaman.

5. Tahap memperebutkan rekomendasi positif dari pelanggan (advocacy)

pexels.com

Berbagai kejutan dan layanan istimewa perlu diberikan agar pelanggan tetap loyal. Dan tingkatan loyalitas tertinggi adalah ketika mereka dengan suka rela mau merekomendasikan produk atau jasa Anda kepada orang-orang di sekelilingnya.

Inilah 5 tahapan perang pemasaran yang perlu Anda menangkan. Selamat berjuang!

Baca Juga: Trik Mapan dalam 5 Tahun untuk Meski Pendapatan di Bawah 5 Juta!

Marketing | 06 / 12 / 2017 | 102