Koleksi artikel SEMEN GRESIK Business Care Center

5 Tips Anti Bangkrut Pasca Liburan Tahun Baru

Oleh: Evelyn Davsy

Tahun baru memang menjadi waktu yang paling pas untuk berlibur. Ada banyak tanggal merah yang dapat digabungkan untuk mendapatkan liburan yang panjang. Namun demikian, berlibur di akhir tahun harus berhati-hati, lho. Jangan sampai, Anda justru bangkrut di tahun baru karena liburan yang kurang terencana dengan baik, khususnya terkait dengan managemen keuangan.

Berikut adalah 5 tips agar tak bangkrut pasca liburan akhir tahun.

1. Buatlah anggaran liburan dengan rinci.

pixabay.com

Sering dianggap sepele, namun menentukan anggaran liburan dengan rinci merupakan ha yang penting untuk dilakukan, lho. Anda pun bisa membuat anggaran harian yang Anda keluarkan saat berlibur. Selain itu, sediakan pula anggaran untuk hal-hal yang tak terduga.

2. Siapkan anggaran sesudah liburan.

pixabay.com

Selain menyiapkan anggaran liburan, siapkanlah pula anggaran sesudah liburan. Anda pun dapat mengalokasikan dana sesudah liburan hingga gaji setelah itu tiba. Misalnya, Anda menyiapkan dana sesudah liburan untuk tanggal 5 Januari, hingga 30 Januari, karena tanggal 31 Januari gaji Anda baru cair.

Baca Juga: Tanpa Klenik Dan Gaji Pegawai Naik, 5 Cara Ini Ampuh Jadikan Bisnis Laris

3. Prioritaskan dana untuk cicilan.

pixabay.com

Meskipun liburan, jangan sampai Anda melupakan dana untuk membayar cicilan. Misalnya saja, untuk cicilan rumah atau mobil. Sisihkan terlebih dahulu dana ini sebelum Anda berlibur. Jangan sampai terpakai, ya.

4. Atasi kekurangan dana.

pixabay.com

Agar kekurangan dana dapat teratasi, Anda dapat menyiapkan rencana liburan yang memang sesuai dengan kantong Anda. Jangan memaksakan untuk terlalu banyak belanja atau membeli oleh-oleh.

5. Bijak menggunakan kartu kredit.

pixabay.com

Kartu kredit memang biasanya akan memberikan beragam promo saat liburan akhir tahun dan tahun baru. Namun jangan sampai Anda terbuai begitu saja. Pastikan Anda benar-benar memperhitungkan keuntungan dan kerugian yang Anda dapat jika menggunakan kartu kredit. Jangan sampai Anda sembarangan.

Dengan 5 tips di atas, tidak hanya akan senang saat berlibur, namun tentunya kondisi keuangan Anda akan tetap menyenangkan pasca liburan. Jadi, sudah siap berlibur?

Baca Juga: Lika-Liku Perjalanan Hendy Setiono Dirikan Kebab Turki Baba Rafi Hingga Sukses

20 / 12 / 2017
by Editor
tagline