Koleksi artikel SEMEN GRESIK Business Care Center

5 Tips Kepemimpinan Dari Warren Buffet, Bikin Sukses

Sosok sekelas Warren Buffet ternyata juga tidak luput dari kesalahan

 

Oleh: Rahmat Kurnianto

Dalam bisnis, pemimpin merupakan sosok sentral yang harus bisa diandalkan oleh para pegawainya. Pemimpin harus memiliki karakter kuat, dan visi yang jauh ke depan agar bisnisnya tidak dikejar oleh para pesaing. Meskipun demikian, banyak orang yang berperan sebagai pemimpin masih merasa ragu dan tidak percaya diri dengan kemampuannya. Oleh karena itu, agar Anda tidak terjebak dalam pemikiran negatif demikian, simak 5 tips kepemimpinan ala Warren Buffet berikut:

1. Jalin hubungan baik dengan orang yang lebih hebat

cnbc.com
Memang benar bahwa lingkungan Anda menentukan kesuksesan Anda. Hal ini juga diyakini oleh Warren Buffet. Baginya, lebih baik untuk bergaul dengan orang orang yang lebih hebat atau lebih sukses darinya. Intinya, jika Anda berkumpul dengan orang yang lebih baik dari Anda, maka mereka akan mengarahkan Anda menuju hal-hal yang baik.

2. Mengambil resiko itu perlu, tapi...

pexels.com

Warren Buffet menyatakan bahwa resiko berasal dari ketidaktahuan atas apa yang Anda kerjakan. Karena itu pelajarilah segala konsekuensi atas segala pilihan yang Anda tempuh. Setidaknya hal ini akan meminimalisir resiko yang Anda hadapi.

Baca Juga: 3 Trik Mudah Ini Jadikan Anda Awet Muda Lewat Pola Makan

3. Jangan takut berbuat kesalahan, yang konyol sekalipun

soompi.com

Pertengahan 90-an, Warren Buffet pernah membeli perusahaan sepatu dengan harga 400 juta Dollar. Pembelian itu tidak berbuah apa-apa. Meskipun demikian, ia menganggap itu sebagai hal yang biasa dalam bisnis. Hal terbaik dari kesalahan adalah, hal itu menjadi pengingat bagi Anda untuk tidak melakukan kesalahan yang sama di masa depan.

4. Ketahui saat harus berhenti

koalasplayground.com

Ingat bahwa ada saatnya Anda harus berhenti bersikap keras kepala terhadap apa yang Anda kerjakan. Pada suatu titik Anda memang lebih baik untuk berhenti dan memulai hal baru, daripada harus bertahan dengan situasi yang tidak menguntungkan. Sadari bahwa waktu adalah investasi yang sangat berharga, lebih dari uang.

5. Hati-hati dengan reputasi yang telah dibangun

viki.com

Camkan bahwa butuh waktu lama untuk membangun reputasi, dan hanya sekejap saja untuk menghancurkannya. Jika Anda benar-benar memahami hal ini, maka Anda akan bersikap hati-hati untuk melangkah.

Baca Juga: Tak Banyak Diketahui, Inilah 4 Nilai Kehidupan Jack Ma Dalam Meraih Sukses

08 / 01 / 2018
Oleh: Redaksi
tagline