7 Cara Kaya Ala Warren Buffet, Orang Awam Juga Bisa Coba!

Tanpa perlu banyak trik untuk kaya!

 

Oleh: Redaksi

Jika Anda berpikir cara menjadi kaya berikut ini berbau mistis dan supranatural, maka Anda salah besar.

Cara menjadi kaya ini merupakan sebuah cara yang normal dan bisa dilakukan oleh banyak orang dimana pun. Cara normal tersebut adalah dengan melakukan investasi dalam berbagai bidang seperti properti atau emas.

Berikut ini 7 cara menggandakan uang ala investor paling kaya di seluruh dunia, Warren Buffet: 

1. Berinvestasi Jangan Menunggu Kaya Raya

money.usnews.com

Warren Buffet mengatakan bahwa, Anda harus menginvestasikan uang yang dimiliki agar Anda menjadi kaya. Bukan malah sebaliknya yaitu menunggu kaya terlebih dahulu baru melakukan investasi.

Gunakan waktu Anda dengan baik untuk menganalisi setiap produk investasi yang dapat memberikan hasil terbaik. Jangan mudah tergoda untuk mendapakan hasil yang luar biasa, namun Anda tidak memperhitungkan resiko yang akan dihadapi.

2. Awali Investasi dengan Nominal yang Kecil dan Beresiko Rendah

pixabay.com

Meskipun Warren Buffet merupakan salah satu orang terkaya di dunia, bukan berarti ia memiliki banyak portofolio saham. Ia hanya memiliki 30 portofolio saham saja, namun saham yang dipilihnya merupakan saham yang memberikan keuntungan untuknya.

Anda harus pintar dalam memilih jenis saham yang memberikan keuntungan dan jangan menginvestasikan modal secara sembarangan. Pada tahap awal, Anda bisa melakukan investasi dalam modal yang kecil dan resiko kecil terlebih dahulu sebagai tahap awal.

3. Membeli Bisnis, Bukan Membeli Sahamnya Saja

dealstreetasia.com

Maksud dari pernyataan tersebut adalah saat Anda membeli saham sebuah perusahaan, Anda tidak hanya memiliki saham atas perusahaan tersebut. Namun Anda juga sebagai pemilik perusahaan yang Anda beli sahamnya.

Oleh karena itulah, Anda perlu mempelajari profil perusahaan dengan baik sebelum melakukan investasi di sebuah perusahaan.

Baca Juga: Keuntungan Jadi Pemimpin Murah Hati, Karyawan Senang Tanpa Naik Gaji

4. Jangan Berhutang untuk Membeli Saham

pixabay.com

Tips selanjutnya adalah jangan pernah berhutang untuk membeli saham sebuah perusahaan. Berinvestasilah dengan menggunakan uang yang berasal dari penghasilan yang Anda miliki. Hal ini perlu Anda lakukan, sebab jika terjadi resiko menurunnya nilai investasi Anda tidak akan terkena double biaya yaitu bunga hutang dan kerugian akibat turunnya nilai saham.

5. Gunakan Uang Anda Secara Efisien

pixabay.com

Saat Anda melihat saham yang Anda miliki cenderung menurun terus menerus dan tidak memiliki prospek yang baik. Maka segeralah menjual saham tersebut dan investasikanlah ke jenis saham yang lain.

6. Berpikiran Terbuka dan Jangan Berhenti Belajar

sina.com.hk

Warren Buffet memiliki cara yang sangat ampuh dalam melakukan investasi dalam saham. Namun meskipun demikian, ia tidak menutup diri untuk membeli jenis saham lain yang belum pernah dimilikinya.

Hal ini sangat terlihat dari upayanya membeli saham IBM yang sebelumnya tidak begitu ia sukai.

7. Berbagi dengan Orang Lain

pexels.com

Kaya tidak membuat Warren Buffet pelit untuk membagi harta kekayaannya. Dia dapat dengan mudah mengeluarkan banyak uang untuk kegiatan amal dan sosial.

Itulah 7 cara kaya ala Warren Buffet. Sangat jelas tidak ada cara mistis disini, sebab semua cara tersebut dapat dengan mudah Anda tiru dan lakukan.

Baca Juga: Irit Modal, Begini Cara Menjual Produk Pada Pelanggan Berdasarkan Usia

Lifestyle Trends | 25 / 11 / 2017 | 111