Koleksi artikel SEMEN GRESIK Business Care Center

Akhir Tahun Kurang Produktif? Mungkin Anda Lupa Menerapkan 3 Hal Ini

Jangan terjebak pada zona nyaman! 

 

Oleh: Redaksi

Ketika sedang berada di puncak pencapaian, sebagian memilih untuk berpuas diri. Hal ini terjadi ketika angka penjualan sudah dan selalu mencapai target. Sehingga, dari waktu ke waktu pun pertumbuhan terlihat ada, namun statis. Terlena dengan angka pembukuan. Keadaan ini menjadikan perusahaan kehilangan banyak kesempatan yang besar. Kondisi ini adalah zona nyaman yang membuat banyak orang (bahkan organisasi dan perusahaan) terjebak. Lalu, bagaimana cara mengatasi hal ini?

1. Terus berbenah, introspeksi untuk terus memperbaiki diri

Memang, perusahaan memang dibuat untuk mendapatkan keuntungan. Namun, yang lebih penting lagi adalah bagaimana bisa bertahan di segala kondisi dan waktu. Untuk meraih itu salah satunya adalah dengan mengoptimalkan produktivitas karyawan dan inovasi. Dalam meningkatkan produktivitas, perusahaan perlu melakukan perbaikan secara terus menerus.

pexels.com

Perusahaan raksasa otomotif, Toyota, terkenal dengan prinsip Kaizen atau continuous improvement. Prinsip bahwa untuk menghasilkan produk yang berkualitas, maka pertama yang dilakukan Toyota adalah melakukan pengembangan dan pemberdayaan karyawannya. Toyota telah membuktikan bahwa mengembangkan karyawan adalah cara paling ampuh bagi perusahaan untuk mencapai keuntungan dan terus bertahan menjadi pemimpin di berbagai pasar.

Baca Juga: 5 Hal Yang Harus Dilakukan Agar Produk Anda Terus Diingat Oleh Pelanggan!

2. Meningkatkan fokus individu dalam perusahaan

Ada beberapa langkah untuk meningkatkan produktivitas karyawan. Salah satunya adalah dengan meningkatkan fokus setiap karyawan. Karyawan yang fokus akan mampu menyelesaikan pekerjaaannya sesuai dengan jadwal. Selain itu, fokus juga akan mengurangi tekanan bagi karyawan. Sebab, karyawan akan menyelesaikan pekerjaan sesuai prioritas sehingga setiap satu pekerjaan selesai maka mereka akan sudah siap dengan pekerjaan berikutnya.

businesskorea.co.kr

Agar bisa fokus, karyawan harus mampu memilah arus informasi yang mengalir ke dirinya. Mengapa? Karena sudah pasti di era yang canggih ini semua orang tidak bisa lepas dari paparan informasi. Nah, pertanyaannya bagaimana agar arus informasi bisa mendukung produktivitas?

3. Pastikan bahwa arus informasi yang masuk benar-benar berguna

Sudah pasti, dalam sebuah perusahaan arus informasi tersebut sangat penting untuk mendukung proses kerja. Arus informasi yang baik akan meningkatkan efisiensi operasioanal yang baik pula. Beruntunglah kita karena di era teknologi internet ini ada banyak media yang bisa digunakan untuk berbagi informasi. Ada e-mailmessenger, hingga media sosial.

pexels.com

Ingat, perlu diperhatikan bahwa agar sasaran tercapai perlu ada regulasi dalam menggunakan media komunikasi seperti tersebut di atas. Katakanlah di sebuah perusahaan ada inisiatif untuk membuat sebuah grup WhatsApp atau BBM untuk saling berkomunikasi. Nah, harus ada pengaturan bagaimana grup itu bisa mendukung pekerjaan, misalnya dengan melarang posting hal yang tidak terkait pekerjaan. Aturan-aturan itu bisa dibuat bersama atau langsung dibuat oleh leader di grup itu.

Sekali lagi, fokus menjadi poin penting agar produktivitas tercapai. Selain itu, ada beragam cara lain agar bisa menghasilkan produktivitas, seperti membangun motivasi, lingkungan kerja yang kondusif, reward and punishment, dan lainnya. Salam produktif!

Baca Juga: Tanpa Sengaja, Anda Mengecewakan Konsumen Dengan 5 Hal Ini

23 / 12 / 2017
by Editor
tagline