Koleksi artikel SEMEN GRESIK Business Care Center

Berawal dari Garasi, Ternyata Begini Kisah Sukses Pendiri Google!

Oleh: Evelyn Davsy 

Siapa yang tak tahu Google? Mesin pencari yang canggih ini tentunya pernah diakses oleh hampir seluruh orang di dunia. Google pun menjadi produk luar biasa yang manfaatnya dapat dirasakan oleh banyak orang secara langsung, bahkan mungkin telah menjadi kebutuhan banyak orang. 

Adalah Larry Page dan Sergey Brin, penemu dari mesin pencari Google. Rupanya, keduanya memulai Google dari titik nol, lho. Lalu seperti apa kisah sukses keduanya hingga membuat Google menjadi sebuah produk yang sangat sukses seperti sekarang?

Pertemuan unik Larry Page dan Sergey Bin.

ips.nadiguru.web.id

Larry Page yang merupakan alumni dari Universitas Michigan, dipertemukan secara tak sengaja dengan Sergey Brin, mahasiswa yang diminta untuk menemaninya berkeliling kampus. Keduanya pun terlibat dalam perbincangan, bahkan pedebatan, mengenai tantangan terbesar di dunia komputer. 

Keduanya kemudian mendapatkan sebuah ide dan solusi mengenai bagaimana memperoleh kembali data dari massive data set. Larry Page dan Sergey Brin pun kemudian menulis sebuah karya berjudul “The Anatomy of a Large-Scale Hypertextual Web Search Engine”. Karya ini rupanya dianggap sebagai bibit bagi karier mereka.

Kantor Google pertama berada di garasi. 

mashable.com

Larry dan Sergey mulai melakukan serentetan ekperimen dalam pembuatan search engine yang diberi nama BlackRub pada tahun 1996. Setahun kemudian, hasil eksperimen keduanya pun menjadi perbincangan luas. Reputasi BlackRub menjadi semakin terkenal dan langsung menyebar ke penjuru kampus.

Baca Juga: Tidak Kaku Dan Bossy, Ini 5 Kriteria Pemimpin Yang Dihormati Bawahan

Meskipun telah memiliki kantor yang begitu besar, Google dulunya hanya bermula dari garasi rumah teman mereka yang berada di Menlo Park, California.  Selanjutnya, karena kapasitas yang sudah tak memadai lagi, Google pindah ke kantor di 165 University Ace Palo Alto California pada tahun 1999 sebelum akhirnya pindah ke Googleplex pada akhir tahun tersebut. Larry dan Sergey pun terus berusaha mengembangkan mesin pencari Google hingga tahun 2001. 

Google berkembang dengan pesat. 

officelovin.com

Perkembangan Google rupanya sangat pesat. Tak seperti Sillicon Valley, Google tidak buru-buru go public. Pada tahun 2004, Google akhirnya memutuskan untuk terjun ke bursa. Tak tanggung-tanggung, mereka disebut-sebut sebagai IPO terbesar saat itu, dengan perkiraan nilai awal sebesar US$20 miliar. Larry Page dan Sergey Bin pun disebut-sebut menjadi multimiliarder saat itu. 

Kantor Google menjadi salah satu kantor idaman di dunia. 

home-designing.com

Menjadi perusahaan besar, kantor Google pun  menjadi salah satu kantor idaman di dunia. Kantor Google menawarkan kenyamanan, bahkan dapat dikatakan memanjakan karyawan. Rupanya, kantor semacam ini memang sengaja dibuat oleh Google untuk meningkatkan kenyamanan yang dapat berpengaruh pada produktivitas karyawannya. 

Meskipun dari garasi, Google membuktikan bahwa dengan kegigihan dan inovasi, siapapun bisa sukses. Jadi, kapan Anda wujudkan ide bisnis Anda?

Baca Juga: Tak Perlu Buang Uang, Ini 5 Tips Promosi Yang Ampuh Memikat Pelanggan

28 / 12 / 2017
by Editor
tagline