Koleksi artikel SEMEN GRESIK Business Care Center

Berawal dari Jualan Seadanya, Kini Sukses Jadi Juragan Toko Bangunan

Jangan pernah menyerah menuju kesuksesan!

 

Oleh: Redaksi

Banyak orang yang ingin sukses, tetapi hanya sedikit yang benar-benar mau berjuang. Kalimat ini benar-benar dirasakan oleh H. Elis Suryono, pemilik toko Berkat Usaha, salah satu distributor Semen Gresik di Mojokerto. Bagi beliau, kesuksesan diraih dengan ketekunan dan kerja keras. Dalam artikel ini, H. Elis berbagi kisah perjuangannya kepada bisniskokoh.com. Simak ceritanya yang menginspirasi berikut:

 

1. Perjuangan merintis bisnis yang tidak mudah

pixabay.com

Bisnis yang dimiliki oleh H. Elis tidak langsung sebesar saat ini. Beliau mulai merintis bisnis sejak tahun 1995. Stok barang untuk toko diambil dari saudaranya di Margodadi, Krian. Bukan perkara mudah, mengingat bahwa sarana transportasi pada masa itu belum seperti sekarang yang serba canggih dan praktis.

2. Alasan memilih bidang usaha yang saat ini dijalankan

dokumentasi H. Elis

Pada tahun 1995, H. Elis ternyata masih membantu bisnis saudaranya di Margodadi. Saat itu, sambil membantu saudaranya, beliau membuka toko dan berjualan aneka barang. Jodoh dan rejeki tidak lari ke mana, rupanya produk semen yang lebih menguntungkan bagi tokonya. Karena pertimbangan itu, akhirnya pada tahun 2000, H. Elis memutuskan untuk fokus berjualan material bangunan.

Baca Juga: 4 Alasan Multitasking Bikin Anda Bangkrut, Apalagi Musim Libur Begini

3. Bagaimana cara bertahan di tengah persaingan usaha dan kemajuan teknologi

pixabay.com

Bagi H. Elis, persaingan usaha dan masalah harga sudah biasa. Bahkan pernah, truknya yang mengangkut 200 sak semen mengalami kecelakaan, dan langsung rusak karena kehujanan. Meskipun demikian, H. Elis tidak berputus asa. Dengan beradaptasi pada kemajuan teknologi, saat ini H. Elis membuka jalur komunikasi lewat perangkat mobile (WhatsApp dan SMS) untuk menerima orderan. Selain itu, jalur komunikasi konvensional seperti telepon toko masih disiapkan oleh beliau. Justtru orderan H. Elis lebih banyak yang didapat melalui WhatsApp dan SMS.

4. Manajemen yang memanusiakan manusia

unsplash.com

H. Elis yang memulai perjuangannya dari bawah, memiliki sistem manajemen yang memanusiakan manusia. Semaksimal mungkin beliau berusaha untuk mengakomodasi keinginan pegawai dengan memenuhi hak-hak mereka. Prinsipnya, saat kita memudahkan orang lain dalam urusan, tapi saat kita ada masalah, Tuhan pasti membantu kita.

5. Pesan untuk para pebisnis yang sedang berjuang menuju kesuksesan

pixabay.com

Menjaga fokus dan konsistensi menuju kesuksesan bukan hal yang mudah. Apalagi jika menyangkut harapan atas kesuksesan. Tanpa kemauan yang kuat, kesuksesan hanya menjadi angan-angan saja. Untuk hal ini, H. Elis memiliki pesan yang bisa memotivasi. Menurut beliau, kalau kita mau usaha, kita harus ulet, tekun, dan sabar.

Semoga kisah sukses dari salah satu distributor Semen Gresik ini bisa menginspirasi Anda. Ayo, bagikan kisah sukses ini pada orang-orang tercinta Anda!

Baca Juga: Tidak Kaku Dan Bossy, Ini 5 Kriteria Pemimpin Yang Dihormati Bawahan

26 / 12 / 2017
by Editor
tagline