Bikin Bisnis Kekinian Tak Sulit Jika Terapkan 3 Trik Mudah Ini!

Lebih baik menjadi sedikit berbeda dari pada sedikit lebih baik!

 

Oleh: Redaksi 

Menjadi unik (beda) adalah cara yang lebih ampuh untuk bersaing daripada menjadi sedikit lebih baik dari kompetitor. Pelanggan sulit menyadari jika kompetitor lebih terkenal atau sudah lebih dulu ada. Maka, lebih baik tampil dengan sedikit berbeda. Tunjukkan bahwa Anda memiliki keunikan yang tidak dimiliki kompetitor-kompetitor lainnya. Dengan demikian, pelanggan akan memiliki lebih banyak alasan untuk memilih Anda.

Nah, menjadi unik atau berbeda bisa dilakukan dengan 3 cara. Berikut ini penjelasan dan contoh-contohnya.

1. Unik dari isi jualan Anda (konten)

Jika memungkinkan, tawarkanlah sesuatu yang tidak dimiliki oleh kompetitor. Jika Anda membuka restoran, tawarkanlah menu yang tidak dimiliki restoran lain. Jika Anda memiliki toko bangunan, keunikan dari segi konten berarti kelengkapan isi toko bangunan Anda.

asia.nikkei.com

Apakah memungkinkan untuk menjual barang yang tidak ada di toko bangunan lainnya? Apakah toko bangunan Anda menawarkan barang yang lebih lengkap dari toko bangunan lainnya? Inilah contoh keunikan dari sisi konten (isi). Nah, jika tidak memungkinkan, Anda bisa mencoba tips yang kedua.

Baca Juga: Mau Pelanggan Balik Terus? Lakukan 5 Trik Ini!

2. Unik dari sisi cara penawaran atau kemasan barang Anda (konteks)

Jika memang produk inti yang ditawarkan sulit untuk dibedakan, maka ciptakanlah keunikan dari cara menawarkannya. Rumah makan Soto Gebrak dikenal karena cara penyajiannya yang unik, dengan cara menggebrak meja makan pelanggannya. Rasa sotonya? Hampir sama dengan soto di tempat lainnya. Bedanya ada di cara menyajikannya.

pexels.com

Toko bangunan Anda mungkin isinya tidak jauh berbeda dengan toko bangunan lainnya. Untuk tampil unik dan beda, Anda harus “mengemasnya” dengan cara berbeda. Apakah dekorasi atau tampilan toko Anda bisa dibuat unik dan beda? Apakah Anda bisa menawarkan jam buka yang lebih pagi atau tutup lebih malam? Apakah pelanggan bisa memesan barang tanpa harus datang ke toko Anda? Silahkan pikirkan kemungkinan-kemungkinan kreatif lainnya.

3. Unik dari sisi SDM dan teknologi (infrastruktur)

Nah, pilihan berikutnya adalah membangun keunikan dari segi infrastruktur. Yang termasuk di dalamnya adalah sumber daya manusia dan teknologi. Sebuah restoran memanfaatkan tablet untuk mencatat pilihan menu pengunjungnya. Ini contoh keunikan dari segi teknologi.

asia.nikkei.com

Dalam bisnis toko bangunan, keunikan dari sisi infrastruktur bisa dibentuk dengan membentuk sumber daya manusia (penjaga toko) yang bisa memberikan nilai tambah bagi pelanggan. Apa nilai tambahnya? Bisa yang bersifat fungsional, yaitu dengan memberikan masukan kepada pelanggan yang ingin membeli barang. Bisa pula nilai tambah yang bersifat emosional, berupa keramahan dan kesigapan dalam melayani pelanggan. Bukankah tidak jarang seorang pembeli memilih sebuah toko karena sudah merasa “cocok” dengan penjaganya?

Inilah tiga cara untuk membangun keunikan di dalam produk atau bisnis Anda. Selamat mencoba.

Baca Juga: Mau Santai Sambil Berbisnis Online? 3 Hal Ini Wajib Diketahui!

Marketing Trends | 18 / 11 / 2017 | 109