Bisnis Sepi? Ternyata, Trik Praktis Ini Bikin Jualan Laris!

Siapa yang tak suka dengan cerita?

 

Oleh: Redaksi

Mengapa bercerita menjadi penting?

Dipastikan, hampir semua orang di dunia ini pernah bersinggungan dengan cerita, entah di masa kecilnya maupun masa sekarang. Bahkan, ada cerita di masa lalu yang mungkin selalu diingat sampai sekarang. Cerita memiliki kekuatan untuk menyentuh hati dan emosi orang dan mampu menggerakkan orang untuk melakukan sesuatu. Cerita juga tidak menggurui dan bahkan bisa melibatkan kehidupan audiensnya. Cerita yang menyentuh tersebut biasanya dekat dengan kehidupan audiensnya yang dipenuhi dengan drama dan konflik.

unsplash.com

Anda pernah menonton film jadul Cast Away  (2000) yang disponsori Fedex? Cast Away merupakan contoh content marketing dari perusahaan kurir ternama itu dengan format film. Singkat cerita, film ini mengisahkan sebuah pesawat Fedex yang jatuh disambar petir. Seorang kurir Chuck Noland yang diperankan oleh aktor beken Tom Hanks menjadi satu-satunya yang selamat dan terdampar di sebuah pulau tak berpenghuni. Drama pergulatan Noland dieksplorasi sedemikian rupa dalam film tersebut.

Baca Juga: Jangan Asal Jualan! Rayu Konsumen dengan 4 Pertanyaan Ini Dulu!

Bercerita menunjukkan sisi humanis sebuah merek

Film ini menarik karena terasa otentik. Fedex terbilang berani ketika mensponsori film yang menceritakan pesawatnya jatuh. Fedex ingin menampilkan  sisi manusiawi dari mereknya. Fedex seolah mau mengatakan, tak ada manusia atau perusahaan yang sempurna.

dramabeans.com

Lalu bagaimana cara mengembangkan brand story atau story telling sebuah merek, terutama terkait layanan? Paling sederhana adalah lewat apa yang sudah dilakukan oleh brand tersebut. Sebagai contoh nyata adalah apa yang sudah dilakukan perusahaan-perusahaan milik negara di seantero Nusantara.

Sebut saja Pertamina yang berupaya menembus hutan dan gunung untuk memasok bahan bakar ke seluruh Indonesia. Sehingga, sekarang ini di seluruh pelosok negara harga BBM sama, alias satu harga. Kisah ini ditampilkan secara apik lewat video yang tayang di televisi maupun di kanal digital.

sina.com.hk

Brand story dapat dibangun dengan cerita sekitar solusi yang ingin diberikan kepada konsumen dan pelanggannya. Misalnya, beberapa kegiatan promosi susu yang memberikan beberapa solusi kepada anak yaitu makan, istirahat dan olahraga yang berimbang agar tumbuh kembangnya bisa maksimal.

Baca Juga: Berawal dari Gang Dolly, Kini Jadi Bos Perusahaan Otomotif Internasional!

Service | 10 / 11 / 2017 | 141