Catat! Ini Dia Kebiasaan Orang Kaya yang Perlu Anda Tahu

Bagaimana Anda mengelola kegiatan harian selama ini?

 

Oleh: Redaksi

Sekedar menuliskan resolusi yang kita impikan telah bisa memperbesar peluang perubahan hingga 1.100 persen! Membuat rencana atau tujuan secara tertulis memang sebuah aktivitas yang sederhana, namun efeknya ternyata luar biasa.

Meskipun demikian, masih sedikit orang yang mau membuat rencana kerja secara tertulis. Alasannya macam-macam: sibuk, malas, tidak praktis, hingga bosan. Ya, meskipun terlihat sederhana, membuat rencana tertulis tetap butuh komitmen kita. Apalagi kalau terkait dengan aktivitas harian, artinya setiap hari kita harus membuat catatan.

Agar tidak bosan untuk membuat rencana kerja harian, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan.

1. Catat aktivitas-aktivitas inti yang akan Anda lakukan

businessinsider.com

Pada malam sebelumnya, silahkan Anda tentukan aktivitas-aktivitas penting apa yang akan Anda lakukan esok hari. Ini saja yang perlu Anda catat sesuai dengan prioritasnya. Cukup tuliskan dalam bentuk poin-poin singkat saja. Terlalu banyak catatan lama-lama justru hanya akan membuat Anda enggan untuk terus melanjutkan.

Baca Juga: Senin Hari Produktif, Ini 7 Hal yang Dilakukan Orang Sukses

2. Pilih cara atau teknik yang paling nyaman buat Anda

pixabay.com

Tidak perlu menggunakan software yang canggih-canggih jika memang itu justru merepotkan Anda. Misalnya, cukup gunakan selembar post it yang bisa Anda tempelkan di meja kerja atau buku catatan Anda.

3. Manfaatkan aplikasi praktis berbasis teknologi

pexels.com

Tidak semua aplikasi berguna bagi Anda. Pilih yang paling Anda butuhkan saja. Contohnya adalah aplikasi di telepon genggam yang bisa mencatat kalendar aktivitas kita selama 1 bulan. Ini berguna untuk mengingatkan Anda agar tidak lupa dengan jadwal pertemuan maupun kegiatan penting lain yang sudah dijadwalkan dari jauh-jauh hari.

Intinya, jangan sampai aktivitas perencanaan ini justru menjadi sebuah beban baru. Lakukan secara fun agar Anda bisa konsisten untuk terus mempraktikkannya tanpa bosan. Selanjutnya silahkan buktikan, apa perubahan-perubahan positif yang nanti akan Anda dapatkan.

Baca Juga: Mau Lebih Produktif Kerja? Lakukan Dulu 4 Ritual Ini!

Managemen | 07 / 11 / 2017 | 127