Dari Nol Hingga Sukses, Begini Kisah Pendiri Dodol Picnic!

Oleh: Evelyn Davsy

Garut terkenal sebagai kota penghasil dodol yang memiliki cita rasa yang khas. Hal ini pun dimanfaatkan oleh  H. Iton Damiri untuk merintis usaha dodol di tahun 1949, yaitu dodol Picnic. Dodol milik  H. Iton Damiri  pun menjadi salah satu dodol yang paling dicari wisatawan ketika berkunjung ke Garut.

Namun, hal ini bukannya dicapai dengan mudah, lho. Rupanya  H. Iton Damiri pun memulai bisnis dodol ini dari titik nol. Berikut adalah perjalanan bisnis  H. Iton Damiri hingga sukses memasarkan dodol Picnic.

Berawal dari bisnis keluarga kecil-kecilan.

dodolpicnicgarut.com

Pada awalnya, dodol yang dimiliki keluarga  H. Iton Damiri bermerk Dodol Pusaka. Namun Dodol Pusaka tak sebuming Dodol Picnic. Rupanya, Dodol Pusaka memiliki kendala di bidang pemasaran. Hal ini pun mengusik perhatian  H. Iton Damiri. Dodol yang kala itu kalah popularitas dengan wafer dan cokelat, membuat usaha  H. Iton Damiri untuk memasoknya ke toko-toko dan kios-kios seringkali mendapatkan penolakan.

Kemudian terciptalah ide untuk memasarkan dodol ini ke sebuah pusat perbelanjaan oleh-oleh terlaris di Bandung, yaitu toko Picnic.  H. Iton Damiri  pun berinisiatif untuk membuat merk Picnic agar toko tersebut tak perlu membuat merk sendiri. Sejak itulah popularitas dodol Picnic mulai naik.

Baca Juga: Ternyata Ini Dia Sosok Nyentrik di Balik Kesuksesan Merek Kaus Joger!

Kekurangan dana untuk membangun pabrik.

jawapos.com

Dalam meningkatkan produksinya, H. Iton Damiri mengalami kekurangan dana untuk membangun pabrik. Namun kekurangan dana ini pun akhirnya tertutupi saat ia mendapatkan pinjaman dari bank. Selain itu, ia pun memanfaatkan berbagai event kuliner di Jakarta untuk meningkatkan penjualan dodol Picnic. 

Terus berinovasi dan mengikuti perkembangan zaman. 

dodolpicnic17.blogspot.co.id

Berkat kerja keras dan kegigihannya, H. Iton Damiri berhasil membangun bisnis dodol Picnic hingga sukses saat ini. Pabrik dodol Picnic pun bisa memproduksi 1 ton per harinya. 

Dodol Picnic pun tak melupakan inovasi. Di tengah perkembangan bisnis dengan menggunakan teknologi digital, dodol Picnic juga telah memiliki website dan melakukan penjualan dengan e-commerce. 

Membangun bisnis tak selalu berjalan mulus dan lancar. Namun dengan kerja keras, bukan tak mungkin kan bisnis yang Anda jalankan dapat sukses? 

Baca Juga: Sukses Berpenghasilan Sejuta Dollar, Begini Kisah Jatuh Bangun Merry Riana

Sales Leadership | 23 / 11 / 2017 | 148