Dari Nol Hingga Sukses, Ini Kisah Pendiri Blue Bird!

Oleh: Evelyn Davsy 

Siapa yang tak tahu taksi Blue Bird? Bahkan mungkin banyak dari Anda yang pernah menggunakan transportasi umum ini. Rupanya suksesnya Blue Bird tidak terjadi begitu saja. Adalah Ny. Mutiara Djokosoetono, pendiri taksi Blue Bird yang memulai usaha Blue Bird dari nol. 

Didirikan pada tahun 1972, taksi Blue Bird berkembang menjadi salah satu perusahaan taksi terbesar di Indonesia. Lalu bagaimana ya kisah sukses sang pendiri Blue Bird?

1. Ny. Mutiara Djokosoetono hidup sederhana setelah keluarganya bangkrut.

biografiku.com

Pada usianya yang baru menginjak 5 tahun, Ny. Mutiara Djokosoetono telah mengecap pahitnya kehidupan, dimana keluarganya yang berada saat itu jatuh bangkrut. Sejak itulah kehidupan Ny. Mutiara berubah. Ia pun hidup di dalam keluarga yang pas-pasan. 

Menginjak masa remaja, keteguhan Ny. Mutiara pun diuji. Ia tumbuh menjadi remaja yang tegar dan memiliki semangat untuk menuntut ilmu. Ia pun merantau ke Jakarta untuk melanjutkan pendidikan, dan bertemu dengan sang suami yang merupakan dosen tempat dimana ia mengenyam pendidikan. 

2. Menjadi penjual telur. 

biografiku.com

Setelah menikah, kehidupan Ny. Mutiara yang pas-pasan tak banyak berubah. Untuk menyokong perekonomian keluarga, Ny. Mutiara pun berjualan batik door to door. Penjualan batiknya yang sukses kemudian menurun, hingga Ny. Mutiara memutuskan untuk berjualan telur. Usaha telurnya saat itu pun laris manis. 

Namun cobaan hidup seakan terus berusaha menguji Ny. Mutiara. Pada tahun 1965, sang suami meninggal karena penyakit yang diidapnya. Ny. Mutiara pun harus mampu menjadi kepala keluarga yang juga menyokong perekonomian keluarga. 

Baca Juga: Untung Besar! 4 Hal Ini Jadi Cara Marketing Kekinian yang Hits!

3. Menggunakan dua mobil peninggalan suami untuk membangun bisnis taksi. 

arah.com

Celah kesuksesan mulai terlihat ketika Ny. Mutiara mendapatkan hadiah dua mobil dari tentara dan polisi karena besarnya jasa suami Ny. Mutiara semasa hidupnya. Dari sinilah insting bisnis Ny. Mutiara makin berkembang, dimana ia menggunakan dua mobil sedan ini sebagai mobil taksi, yang saat itu masih bernama Chandra Taxi. 

Nama Blue Bird baru muncul beberapa tahun kemudian, ketika izin resmi usaha taksinya telah ada. Blue Bird pun kemudian berkembang menjadi salah satu perusahaan taksi terbesar di Indonesia. 

4. Berusaha memberikan pelayanan terbaik. 

bluebirdgroup.com

Usaha mengembangkan Blue Bird bukannya tanpa halangan. Namun Ny. Mutiara berusaha menghadapi halangan tersebut. Layanan pun menjadi salah satu fokus Ny. Mutiara dalam mengembangkan bisnisnya. Ia pun menciptakan sistem yang tertata agar dapat meningkatkan pelayanannya pada konsumen.

Membangun bisnis memang bukanlah hal yang mudah. Namun dengan usaha keras serta kerja cerdas ala Ny. Mutiara, bukan tidak mungkin kan Anda juga bisa mencapai kesuksesan? 

Baca Juga: Berawal dari Gang Dolly, Kini Jadi Bos Perusahaan Otomotif Internasional!

Leadership Service | 09 / 11 / 2017 | 188