Harga Mahal Bisa Buat Produk Makin Laris, Lho! Kok Bisa, Ya?

Tak perlu memainkan harga!

 

Oleh: Evelyn Davsy 

Kebanyakan pebisnis mungkin berpikir bahwa harga yang murah akan menarik bagi para pembeli. Untuk itu, tak heran kalau banyak pebisnis yang berlomba-lomba untuk memberikan harga yang murah pada produk mereka. Padahal, kenyatannya tidak demikian, lho. 

Harga murah tidak selalu membuat bisnis laris manis. Sebaliknya, harga mahal rupanya malah bisa membuat produk makin laku, lho. 

1. Harga yang lebih tinggi membuat konsumen tertarik karena kualitasnya yang lebih baik. 

singaporebusiness.com

Tak dapat disangkal, harga yang mahal seringkali dianggap memiliki kualitas yang lebih baik daripada harga yang murah. Dengan menaikkan harga, Anda tentunya juga dituntut memiliki kualitas yang lebih dan memiliki target pasar menengah hingga menengah ke atas. Target pasar ini rupanya memiliki tingkat loyalitas terhadap produk yang tinggi, lho.

Konsumen menengah hingga menengah ke atas akan terus membeli produk Anda jika mereka puas. Mereka tidak akan mudah berpindah produk hanya karena harga yang murah. Alhasil, penjualan Anda pun akan meningkat dengan sendirinya. 

Baca Juga: Jangan Andalkan Kecerdasan Saja! 5 Hal Ini Wajib Dimiliki Calon Pemimpin Sukses!

2. Konsumen akan lebih menghargai apa yang Anda tawarkan. 

ul.com

Dengan memberikan harga yang lebih mahal, produk yang Anda jual akan tampak premium dan Anda memiliki nilai tambah bagi konsumen Anda. Dengan menciptakan branding dan eksklusivitas yang tepat, Anda pun akan dapat mengubah cara pandang konsumen dalam melihat produk Anda. 

3. Hasil yang lebih baik pun akan didapatkan oleh konsumen. 

mckinsey.com

Tak banyak disadari, hasil yang lebih baik akan didapatkan konsumen ketika Anda menjual produk Anda dengan harga yang lebih mahal. Misalnya saja, Anda membuka bisnis bimbingan belajar bahagsa inggris. Apabila Anda memasang tarif yang mahal, tentu konsumen akan lebih rajin untuk datang ketimbang ketika Anda memasang tarif yang murah.

Alhasil, konsumen pun mendapatkan keuntungan dan hasil yang lebih karena harga yang mahal tersebut. Hal ini pun dapat membuat konsumen puas dan akhirnya loyal pada bisnis yang Anda tawarkan. 

Siapa bilang berjualan itu harus dengan harga yang murah? Harga mahal rupanya juga dapat membuat produk Anda makin laris, lho. Namun sebelum menentukan harga, pastikan Anda benar-benar mempertimbangkannya, dari sisi target pasar, segementasi, dan juga keuntungan yang ingin Anda dapatkan. 

Baca Juga: Ingin Sukses Berbisnis? Pastikan Anda Punya 5 Target Ini Dulu!

Marketing | 14 / 11 / 2017 | 141