Intip Kisah Sukses Pendiri KasKus, Andrew Darwis, Yuk!

Hasil memang tidak pernah mengkhianati usaha

 

Oleh: Evelyn Davsy

Didirkan pada 6 November 1999, Kaskus kini telah menjadi komunitas online terbesar di Indonesia. Kesuksesan ini pun tak lepas dari perjuangan sang pendiri, Andrew Darwis. Lulus dari BINUS, Andrew tak lantas puas. Ia pun mencari universitas yang bisa mengembangkan hobinya di bidang teknologi informasi, hingga ia memilih untuk melanjutkan studinya di Art Institute of Seattle Computer Science. Dan dari sinilah kisah Andrew dalam mendirikan Kaskus bermula.

Dimulai dengan modal 30.000 Rupiah

id.techinasia.com

Andrew terinspirasi untuk membuat komunitas online saat sang dosen memberi tugas untuk membuat program. Komunitas online ini kemudian diberi nama KasKus, yang merupakan singkatan dari Kasak Kusuk. Dengan hanya bermodal awal sejumlah 3 dolar, atau setara dengan kurang lebih 30.000 saat itu, Andrew mendirikan KasKus bersama dengan dua temannya.

Suka duka pun dialami Andrew saat awal mendirikan Kaskus, salah satunya adalah saat server KasKus mengalami down. Ia bahkan harus memperbaiki server down itu sendiri karena ia masih belum memiliki karyawan. Demi mengembangkan usahanya, Andrew pun kemudian pulang ke Indonesia dan mulai memasarkan KasKus di Indonesia.

Bergerilya door to door untuk memperkenalkan Kaskus.

hitsss.com

Dalam membangun citra KasKus, usaha yang dilakukan oleh Darwis dan timnya tidak mudah. Mereka harus bergerilya door to door untuk memasarkan produknya. Perkenalan terhadap positioning produk pun hanya berlangsung kurang dari 1 tahun. Setelah itu, KasKus mulai mendapatkan klien besar yang mendukung berdirinya KasKus sejak pertama launchingnya pada Desember 2008.

Baca Juga: Jualan Sulit Laku? Bisa Jadi karena 5 Sifat Negatif Ini!

Membuat forum jual beli.

linkedin.com

Dari kesuksesan forum-forum yang ada, Andrew pun  kemudian membuat forum jual beli KasKus. Para pengguna KasKus yang tersebar di seluruh Indonesia pun memanfaatkan forum ini untuk proses jual-beli online. Dalam sehari saja, 80 ribu daftar barang, diikutkan dalam Forum Jual Beli (FJB). Dari kesuksesan inilah iklan terus mengalir di KasKus.

Kegigihan menjadi kunci sukses Andrew Darwis. 

edukasibisnis.com

KasKus pun terus berkembang hingga sekarang. Omset yang didapatkan Andrew Darwis pun terus bertambah. Hal ini pun tidak terlepas dari kegigihan Andrew Darwis dalam membangun KasKus. Keinginannya untuk terus belajar pun menjadi hal yang dapat kita teladani dalam meraih kesuksesan. 

Baca Juga: 5 Keunikan ala Transportasi Online Ini Bisa Ditiru, Bisnis Dijamin Laris!

Leadership Trends | 02 / 12 / 2017 | 58