Irit Modal, Begini Cara Menjual Produk Pada Pelanggan Berdasarkan Usia

Oleh: Evelyn Davsy 

Bagi sebuah bisnis, pelanggan tentunya menjadi salah satu penentu kesuksesan. Tanpa pelanggan, sebagus apapun produk yang Anda miliki, bisnis Anda tetap tidak akan sukses. Untuk itu, penting bagi para pebisnis untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan, salah satunya adalah dengan mengenali karakteristik pelanggan berdasarkan usia. 

Berikut adalah cara melayani pelanggan berdasarkan usia. 

Usia 17-22 tahun. 

cnbc.com

Pelanggan pada usia 17-22 akan lebih mudah terbujuk dengan iklan atau penawaran yang ada di media sosial maupun e-commerce. Mereka mudah tergoda pada barang-barang yang sedang hits dan kekinian. Untuk memberikan layanan yang baik pada pelanggan di usia 17-22 tahun, pastikan benar selera seperti apa yang mereka miliki, lalu tawarkanlah pula barang yang sesuai dengan selera mereka. 

Usia 23-35 tahun. 

singaporebusiness.com

Meskipun tak sesering pelanggan di usia 17-22 tahun, pelanggan di usia 23-35 tahun pun masih mudah terbujuk pada iklan atau penawaran di media sosial maupun e-commerce. Pelanggan di usia 23-35 cenderung mulai berhemat dan mereka akan memilih barang sesuai dengan kebutuhan mereka. Untuk itu, pastikan Anda dapat menjelaskan dengan baik kelebihan produk yang Anda jual dibandingkan dengan harga yang Anda berikan. 

Baca Juga: Dari Nol Hingga Sukses, Begini Kisah Pendiri Dodol Picnic!

Usia 36-45 tahun.

footage.framepool.com

Pelanggan usia 35-45 tahun cenderung lebih menyukai merk lama yang telah teruji kualitasnya. Untuk Anda yang menjual merk lama, Anda cukup beruntung. Jika yang Anda tawarkan adalah produk baru, pastikan bahwa Anda dapat menjelaskan secara detail kualitas yang produk Anda berikan. 

Usia 46-55 tahun. 

bls.gov

Jika mendapati pelanggan pada usia 46-55 tahun, Anda harus lebih bersabar. Mereka cenderung lebih lama dalam menentukan keputusan membeli. Untuk mendorong pembelian, Anda bisa menejlaskan kelebihan kualitas dari produk yang Anda jual. 

Memahami pelanggan bisa menjadi salah satu cara dalam meningkatkan pelayanan dan penjualan, lho. Memberikan layanan sesuai dengan karakter pelanggan berdasarkan usia pun bisa menjadi cara yang ampuh bagi Anda untuk menggaet pelanggan. 

Baca Juga: Sukses Berpenghasilan Sejuta Dollar, Begini Kisah Jatuh Bangun Merry Riana

Service | 24 / 11 / 2017 | 56