Koleksi artikel SEMEN GRESIK Business Care Center

Jangan Cuek! Ternyata, Reputasi Bisnis Itu Penting Lho!

Reputasi bisnis ini sangat diperlukan di tengah makin mudah dan maraknya industri bisnis saat ini!

 

Oleh: Redaksi

Prinsip ini sangat diperlukan untuk membangun reputasi bisnis agar tercipta kepercayaan pelanggan Anda dalam hubungan jangka panjang. Menjaga nama baik perusahaan bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Perlu waktu yang tidak sebentar agar reputasi perusahaan tetap terjaga. Ini 6 kunci menjaga reputasi bisnis dari Hermawan Kartajaya Founder & Chairman MarkPlus, Inc dalam buku Tips Bisnis untuk Pengusaha Toko Bangunan oleh Semen Gresik:

1. Buktikan bahwa Anda layak dipercaya (Trustworthiness)

dramabeans.com

Katakan apa yang Anda akan lakukan, miliki keberanian untuk melakukan hal yang benar, tetap setia dan berkomitmen, bangun reputasi yang baik. Lama kelamaan usaha Anda akan banjir pembeli karena image dapat dipercaya sudah berada dalam genggaman.

2. Berlaku hormat pada semua orang (Respect)

unsplash.com

Perlakukan pelanggan dan pesaing Anda dengan hormat. Ingat pepatah yang mengatakan jika para pemenang adalah yang paling bisa menaklukkan dirinya sendiri. Miliki toleransi dan terima perbedaan, gunakan bahasa yang sopan, pertimbangkan perasaan orang lain saat melayani.

3. Pastikan Anda selalu bertanggung jawab (Responsibility)

unsplash.com

Tanggung jawab diperlukan untuk menjaga reputasi usaha. Rencanakan dan tekun berusaha, selalu lakukan yang terbaik, mampu mendisiplinkan dan mengendalikan diri, terakhir berpikirlah matang-matang sebelum bertindak.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Salesman Itu Calon Pemimpin Hebat

4. Anda harus mampu bersikap adil (Fairness)

pexels.com

Pengusaha yang baik adalah yang taat pada aturan, mampu berpikiran terbuka dan mau mendengarkan keluhan maupun masukan dari siapa saja. Tentunya juga mampu memperlakukan setiap pelanggannya Anda secara adil.

5. Tunjukkan kepedulian Anda pada sesama (Caring)

 

digitalnewsasia.com

Miliki perhatian dan tunjukkan kepedulian Anda, bukan hanya kepada pelanggan yang loyal namun juga yang baru datang. Ekspresikan penghargaan, ampuni orang lain, dan bantu pelanggan Anda.

6. Buktikan bahwa Anda patuh pada negara (Citizenship)

motivasipelajar.com

Buat perusahaan dan komunitas Anda lebih baik, dapat bekerja sama dan berpartisipasi dalam segala kegiatan yang positif. Anda harus dapat menjadi pebisnis yang baik, taat hukum dan aturan, serta menjaga lingkungan.

Baca Juga: Tahun Baru di Depan Mata, Jadikan Jualan Laris Dengan 4 Tips Ini

29 / 12 / 2017
Oleh: Redaksi
tagline