Koleksi artikel SEMEN GRESIK Business Care Center

Jualan Sepi? Jangan Depresi, 4 Tips Praktis Ini Praktis Redakan Stres

Otak manusia memiliki fungsi untuk mengontrol stres, lho!

 

Oleh: Redaksi

Secara alamiah fungsi tersebut akan bekerja jika manusia menjalankan kehidupan dengan teratur sambil tetap bersosialisasi dengan sesama. Namun seiring perkembangan zaman, banyak hal yang terjadi sehingga kehidupan sosial juga mengalami perubahan. Kehidupan juga mulai berjalan dengan tidak teratur. Hal ini menyebabkan fungsi pengontrol stres pada otak manusia terganggu. Nah, simak 4 cara di bawah ini untuk mengatasi stres secara alami :

1. Aktifkan saraf serotonin Anda

unsplash.com

Serotonin merupakan senjata pertama Anda untuk menghadapi stres. Ketika saraf serotonin aktif, maka otak menjadi jernih, semangat berlimpah, hati tenang, serta tubuh lebih tahan terhadap stres dan rasa sakit. Demikian juga jika kondisi saraf serotonin  melemah, timbullah efek yang sebaliknya. Melatih saraf serotonin merupakan hal yang perlu dilakukan.

Melatih secara berkelanjutan pada tiga bulan pertama merupakan hal yang sulit. Umumnya tubuh seolah sedang mengalami kemunduran. Jangan khawatir, itu pertanda serotonin mulai meningkat. Kondisi tersebut hanya berlangsung sementara waktu saja. Perbanyak makan makanan dengan protein tinggi, dan rajinlah berolahraga. Teruslah berusaha, jangan berhenti!

2. Sering-seringlah keluar rumah untuk mendapat sinar matahari yang cukup

pexels.com

Saraf serotonin akan mengubah frekuensi impuls berdasarkan kesadaran dan kondisi tidur. Sinyal cahaya yang berpengaruh pada kondisi ini. Cahaya matahari yang masuk melalui retina merupakan sinyal yang membuat saraf serotonin terstimulasi, frekuensi impuls meningkat dan otak pun menjadi dalam kondisi sadar. Serotonin diproduksi pada pagi hari, maka salah satu cara yang paling efektif untuk mengaktifkan serotonin adalah dengan mandi cahaya matahari pagi selama 30 menit.  Berjemurlah di halaman, atau lakukan kegiatan di luar rumah sehingga tubuh terkena sinar matahari pagi.

Baca Juga: Sudah Tahu? Ini 3 Alasan Kenapa Kantor Zaman Now Memanjakan Karyawan

3. Lakukan gerakan praktis untuk relaksasi tubuh dan pikiran

pixabay.com

Gerakan ritmik adalah gerakan tubuh dengan ritme tertentu. Beberapa gerakan ritmik yang bisa dilakukan antara lain latihan pernafasan, jalan kaki dengan kecepatan 5-6 km per jam selama 20-30 menit serta pengunyahan, misalnya dengan menguyah permen karet. Dalam praktiknya, menggabungkan ketiga cara tersebut akan lebih memaksimalkan hasil. Hanya saja memang dibutuhkan latihan untuk mampu melakukan beberapa gerakan sekaligus. Misalnya melakukan jalan kaki sambil mengatur pernapasan.

4. Meluapkan stres dengan menangis ternyata bermanfaat!

soompi.com

Saat Anda merasakan stres di dalam otak, maka air mata emosional akan keluar. Bayi menangis untuk memberitahu orang sekitar bahwa ia mengalami stres dan ingin stres tersebut ditangani. Menangis tidak semata-mata berefek meringankan stres tapi juga mengaktifkan sistem imun serta mengendalikan jalur stres fisik, lho!

Tapi menangis untuk melepas stres tidak bisa dilakukan asal-asalan, ada beberapa kunci yang harus diperhatikan. Pertama, pilih waktu malam bukan pagi hari. Pada pagi hari stres belum menumpuk dibandingkan saat malam hari. Kedua, jangan menahan diri ketika menangis tersedu-sedu, lepaskan saja semua. Ketiga, pilih waktu dan tempat yang pas untuk menangis. Tidak perlu semua orang melihat Anda menangis. 

Dengan tips-tips ini, semoga Anda lebih siap menghadapi tantangan-tantangan berat di dalam bisnis dan kehidupan.

Baca Juga: Sudah Tahu? Ini 3 Alasan Kenapa Kantor Zaman Now Memanjakan Karyawan

30 / 12 / 2017
Oleh: Redaksi
tagline