Jualan Sulit Laku? Bisa Jadi karena 5 Sifat Negatif Ini!

Oleh: Evelyn Davsy 

Setiap orang yang berbisnis, tentu berkeinginan agar produk yang dijualnya bisa laku. Namun hal ini tidak semudah kelihatannya. Banyak hal yang perlu diperhatikan agar jualan laris manis. Selain itu, ada beberapa hal juga yang harus dihindari, lho. Berikut adalah 5 hal yang rupanya bisa bikin jualan tidak laku!

Kurangnya motivasi.

 

pixabay.com

Motivasi menjadi hal yang wajib dimiliki seseorang, termasuk pada saat ia berjualan. Seringkali, kurangnya motivasi menjadi penyebab mengapa produk yang Anda jual tidak laku.

Misalnya, ketika produk yang Anda jual kurang diminati oleh pasar, Anda akan diam saja dan hanya menunggu agar konsumen datang. Hal ini tentu berbeda jika Anda memiliki semangat dan motivasi yang tinggi. Anda tidak hanya akan duduk diam, melainkan akan mencari tahu penyebab mengapa sebuah produk menjadi tidak laku. 

Target yang tidak dituliskan.

picjumbo.com

Banyak orang yang membuat target tanpa menuliskannya. Hal ini pun tampak sepele. Namun sebenarnya, menuliskan target bisa memberikan dampak besar untuk Anda, lho. Dengan menuliskan target, secara psikologi Anda akan lebih terpacu mengejar target tersebut. Alhasil, Anda akan terus berusaha mencari cara agar jualan Anda bisa laris manis dan mendatangkan keuntungan!

Baca Juga: Ternyata Orang Introvert Lebih Jago Menjual Produk, Lho. Kok Bisa, Ya?

Kurangnya komitmen.

stocksnap.io

Tak hanya dalam sebuah hubungan, komitmen juga dibutuhkan ketika Anda memulai bisnis. Dengan adanya komitmen, Anda pun akan terus berusaha meskipun bukan tak mungkin Anda akan mengalami kegagalan. 

Tidak disiplin. 

pexels.com

Ketika sudah memiliki target tertulis, yang wajib Anda lakukan adalah menaati target tersebut. Ketidakdisiplinan pun membuat target yang telah Anda tuliskan menjadi sekadar wacana. Untuk membuat bisnis Anda sukses, yang perlu Anda lakukan hanyalah melakukan segala hal untuk mencapai hal-hal yang tertulis pada target Anda dengan disiplin. 

Time table yang kurang realistis. 

picjumbo.com

Menuliskan terlalu banyak target ataupun target yang besar dapat membuat target itu justru tak bisa dilakukan. Alhasil, target yang Anda tuliskan hanyalah sia-sia. Target yang tidak bisa dicapai justru dapat membuat Anda tidak semangat dan putus asa, lho. Untuk itu, pastikan bahwa target dan time table yang Anda buat adalah realistis dan memang bisa dicapai. 

Membangun bisnis dan membuat produk yang Anda jual laku memang bukan hal yang mudah. Namun dengan menghindari 5 hal di atas, Anda pasti akan lebih dekat pada kesuksesan!

Baca Juga: 5 Aturan Keuangan Ini Bikin Libur Akhir Tahun Irit dan Menyenangkan

Sales | 30 / 11 / 2017 | 106