Koleksi artikel SEMEN GRESIK Business Care Center

Lapar dan Dahaga Memang Tak Terelakkan, Begini Cara Agar Tetap Konsentrasi Bekerja

Oleh: Evelyn Davsy

Rasa haus dan lapar bisa jadi merupakan hal yang paling kita hindari di bulan puasa. Lalu sebenarnya, bagaimana cara menahan rasa haus dan lapar di bulan puasa, apalagi saat sedang bekerja?

1. Hindari mi instan di saat sahur.

StockSnap

StockSnap

Jika sedang malas masak dan tidak ada makanan untuk sahur, mi instan tampaknya merupakan solusi yang tepat. Mi instan memang menggoda, tapi, kandungan mi seperti natrium, lemak jenuh dan MSG akan membuat rasa dahaga atau rasa haus yang tinggi pun muncul.

2. Coba terapkan pola minum 4-2-4 saat puasa.

Eduzet

Minum air dua gelas saat berbuka, empat gelas di malam hari hingga menjelang tidur, dan dua gelas lagi di saat makan sahur ternyata memiliki manfaat yang cukup besar saat kita berpuasa. Setidaknya dengan menggunakan pola ini, kebutuhan cairan minimal bagi orang dewasa sudah terpenuhi.

3. Fokuskan diri pada pekerjaan yang ada.

Unsplash

Coba alihkan diri dengan berfokus pada pekerjaan yang Anda kerjakan. Tanpa terasa, bisa jadi rasa haus dan lapar pun akan terlupakan dengan sendirinya.

4. Ingat tentang puasa itu sendiri.

AET Travel

Meskipun sulit, ketika kita mengingat makna puasa sesungguhnya, kita akan benar-benar termotivasi dalam menahan rasa haus dan lapar saat bekerja.

5. Perhatikan kecukupan asupan gizi.

StockSnap

Makanan bergizi adalah hal yang wajib saat puasa. Begitu pula bagi Anda yang bekerja, makanan yang bergizi akan membuat Anda mampu menahan rasa lapar dan haus, serta memberikan kita tenaga saat bekerja.

6. Serat itu penting.

Meskipun memiliki berbagai kesibukan dalam bekerja, jangan sampai Anda meninggalkan puasa. Asupan serat dalam tubuh itu penting, sebab ketika terpenuhi, pencernaan pun akan lancar, sehingga makanan yang Anda konsumsi dapat diubah menjadi energi yang baik bagi tubuh, terutama ketika sedang bekerja.

01 / 06 / 2017
Oleh: Redaksi
tagline