Makanan yang Anda Konsumsi, Menentukan Kesuksesan Lho!

Setujukan Anda jika dikatakan bahwa tubuh yang sehat dan bugar adalah salah satu modal penting bagi seorang pebisnis?

 

Oleh: Redaksi

Ya, tanpa kebugaran tubuh, seorang pebisnis tidak akan mampu menjalankan usahanya secara optimal. Nah, untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, para ahli nutrisi dari School of Public Health dan Harvard Medical School mengembangkan Healthy Eating Plate (Piring Makan Sehat). Apa itu?

Konsep ini mengilustrasikan piring berisi makanan yang idealnya dikonsumsi setiap hari secara seimbang. Dalam Healthy Eating Plate, terdapat empat jenis makanan utama: sayuran, buah, protein, dan gandum utuh, berikut penjelasannya: 

1. Isi setengah porsi piring dengan sayur dan buah

pexels.com

Tidak ada yang menyangkal manfaat kesehatan dari sayur dan buah. Namun, di Healthy Eating Plate, sayur dan buah wajib menempati setengah porsi dari keseluruhan konsumsi makanan sehari. Semakin banyak jenis warna sayur dan buahnya akan semakin bagus untuk tubuh Anda.

2. Seperempat porsi piring diisi gandum utuh

pexels.com

Gandum utuh bukan gandum biasa. Gandum utuh lebih mudah dicerna oleh tubuh sehingga efeknya baik untuk gula darah. Bahan ini ada pada roti gandum, beras merah, oats, dan makanan-makanan yang diproses dari bahan-bahan tersebut. Isi seperempat porsi piring dengan makanan-makanan dari gandum utuh tersebut.

Baca Juga: 7 Cara Kaya Ala Warren Buffet, Orang Awam Juga Bisa Coba!

3. Seperempat porsi piring untuk sumber protein yang sehat

pexels.com

Apa itu sumber protein yang sehat? Tidak lain adalah protein yang terdapat pada ikan, daging unggas, dan kacang-kacangan. Keju dan daging merah juga merupakan sumber protein, tetapi jumlahnya harus dibatasi.

4. Gunakan minyak yang menyehatkan

pexels.com

Minyak yang menyehatkan contohnya adalah minyak zaitun. Mentega dan minyak kelapa sawit tidak tergolong minyak yang menyehatkan sehingga pemakaiannya perlu dibatasi.

5. Minum air, kopi, atau teh

pexels.com

Minum air putih minimal dua liter sehari. Kopi dan teh juga baik diminum setiap hari, tetapi batasi pemakaian gulanya, atau tanpa gula sama sekali. Batasi konsumsi susu dan hindari minuman kemasan yang bergula seperti soft drink. Praktikkan itu semua secara rutin dan teratur.

Selamat mencoba dan menikmati hasilnya!

Baca Juga: Makin Mudah, Praktikkan Tips Menabung Berdasarkan Usia Ini!

Lifestyle | 26 / 11 / 2017 | 185