Makin Mudah, Praktikkan Tips Menabung Berdasarkan Usia Ini!

Selama ini banyak yang asal!

 

Oleh: Evelyn Davsy 

Anda memiliki penghasilan yang kecil dan bingung bagaimana cara menabung? Atau justru Anda memiliki penghasilan yang besar, namun tidak bisa menabung? Menabung memang menjadi hal yang susah-susah gampang untuk dilakukan. Biasanya orang sering merencanakan untuk menabung, namun tidak dapat terealisasi. Namun rupanya, ada tips khusus menabung berdasarkan usia, lho. 

Dengan menabung berdasarkan usia, alokasi dana tabungan Anda pun akan lebih tepat guna. Selain itu, cara menabung di setiap usia memang sebenarnya berbeda. Untuk itu, berikut adalah tips menabung berdasarkan usia yang bisa Anda praktikkan!

Usia 20-an. 

distantjob.com

Biasanya di usia 20-an, seseorang masih memiliki pendapatan yang minim. Biasanya mereka baru lulus kuliah dan membangun karir. Hal ini pun bisa menjadi kendala bagi seseorang yang berusia 20-an. Untuk makan saja pas-pasan, lalu bagaimana cara menabung?

Namun jangan sampai hal ini membuat Anda tidak menyisihkan uang sama sekali, ya. Ada dua cara yang bisa Anda lakukan, yaitu kurangi pengeluaran, atau cari pemasukan tambahan. Untuk itu, Anda bisa mencatat setiap pengeluaran yang Anda lakukan guna menilai pengeluaran mana yang tidak penting. Selain itu, Anda juga bisa mencari pekerjaan tambahan atau lebih serius dengan pekerjaan utama Anda sehingga profit/ gaji yang Anda dapatkan akan bertambah. 

Dalam menabung, sisihkanlah pula uang Anda terlebih dahulu saat Anda mendapatkannya. Hal ini bertujuan agar uang Anda tidak terpakai untuk pengeluaran yang tidak penting. Anda pun bisa mulai berinvestasi dengan jumlah kecil, namun pastikan bahwa Anda berinvestasi di tempat yang aman. 

Usia 30-an. 

rd.com

Di usia 30-an biasanya karir Anda sudah menanjak dan mungkin Anda telah berkeluarga. Untuk itu, Anda bisa membuat anggaran keluarga dengan pasangan Anda. Tentukan berapa jumlah uang yang akan ditabung maupun digunakan, atau bahkan yang akan digunakan dalam berinvestasi. Pastikan pula bahwa pengeluaran yang Anda lakukan memang merupakan kebutuhan. 

Agar lebih mudah, Anda bisa membuat tabungan autodebet. Anda bisa membuka 2 tabungan, 1 tabungan untuk pengeluaran dan 1 tabungan untuk menabung. Anda bisa membuat persetujuan dengan pihak bank, sehingga secara otomatis tabungan menabung Anda akan mendebet uang dari tabungan pengeluaran. Hal ini akan membuat Anda semakin disiplin saat menabung, dimana di usia 30-an Anda akan mengeluarkan berbagai keperluan rumah tangga maupun anak. 

Baca Juga: Dari Nol Hingga Sukses, Begini Kisah Pendiri Dodol Picnic!

Usia 40-an. 

michellelewis.metrobrokers.com

Di usia 40-an, dapat dikatakan keluarga menjadi pusat keuangan Anda. Berbagai pengeluaran yang Anda lakukan pun akan lebih besar pada pengeluaran keluarga. Pada saat inilah, Anda juga harus benar-benar melunasi hutang Anda. Jangan sampai, Anda pensiun dengan hutan yang masih belum selesai. Asuransi jiwa, dana pensiun, serta dana pendidikan bagi anak pun harus benar-benar Anda persiapkan di usia 40-an. 

Usia 50-an. 

health.harvard.edu

Dana pensiun menjadi salah satu fokus menabung bagi seseorang yang telah menginjak usia 50 tahun. Agar tepat sasaran, Anda harus menentukan berapa besar kebutuhan Anda setelah pensiun, dengan perhitungan inflasi yang tentunya tak boleh Anda lupakan. Agar tetap mendapatkan pendapatan, Anda juga bisa berinvestasi dengan jumlah yang lebih besar. Pilihlah investasi yang aman. 

Jika bekerja di perusahaan, Anda juga bisa mulai bertanya fasilitas apa saja yang akan Anda dapatkan saat pensiun nanti. Sehingga nantinya, Anda dapat memanfaatkan fasilitas-fasilitas tersebut dengan baik. 

Setiap rentang usia tentunya memiliki kebutuhan menabung yang berbeda. Untuk itu, Anda bisa menentukan bagaimana cara menabung berdasarkan usia Anda saat ini. Anda pun bisa menentukan cara menabung Anda mendatang hingga usia 50-an. Dengan kedisplinan diri, 4 cara menabung di atas pasti manjur, deh!

Baca Juga: Irit Modal, Begini Cara Menjual Produk Pada Pelanggan Berdasarkan Usia

Managemen Trends | 25 / 11 / 2017 | 110