Mau Pelanggan Balik Terus? Lakukan 5 Trik Ini!

Oleh: Evelyn Davsy 

Mencari pelanggan terkadang memang menjadi hal yang sulit. Namun mempertahankan agar pelanggan balik terus? Tentunya hal ini susah dilakukan. Tanpa sadar, banyak pebisnis yang lebih berfokus pada mencari pelanggan baru, daripada berusaha mempertahankan pelanggan yang telah ada. Padahal, keduanya merupakan hal yang penting, lho. 

Untuk itu, berikut adalah trik agar pelanggan balik terus!

1. Berikan perhatian sebelum dan sesudah penjualan.

pixabay.com

Banyak pebisnis yang lebih berfokus pada penawaran dan promosi pada konsumen, tanpa memperhatikan keinginan konsumen. Kesalahan inilah yang seringkali membuat konsumen tidak kembali membeli produk Anda. Untuk itu, pastikan bahwa konsumen puas pada produk Anda dengan memberikan perhatian pada sebelum dan setelah transaksi. 

Misalnya saja pada sebelum transaksi, Anda bisa melakukan promosi dan memberikan produk yang menarik serta sesuai dengan kebutuhan konsumen. Setelah pembelian, Anda pun bisa terus berhubungan dengan konsumen, misalnya dengan mengirimkan e-mail, katalog, atau bahkan melakukan survey untuk mengetahui kritik dan saran dari konsumen. 

2. Tawarkan program yang menarik. 

picjumbo.com

Agar pelanggan terus tertarik pada bisnis Anda, pastikan Anda juga memberikan tawaran program yang menarik. Misalnya dengan memberikan diskon pada hari besar, maupun hadiah pada konsumen yang loyal.

Baca Juga: Harga Mahal Bisa Buat Produk Makin Laris, Lho! Kok Bisa, Ya?

3. Lakukan promosi melalui media sosial.  

barnimages.com

Tak dapat dipungkiri, media sosial menjadi salah satu cara promosi yang ampuh saat ini. Tak ada salahnya bagi Anda untuk mulai melakukan promosi melalui media sosial. Pastikan Anda membuat konten yang menarik dan pilihlah media sosial sesuai dengan target pasar Anda. Selain gratis, promosi lewat media sosial ini pun dapat menjangkau konsumen dari berbagai wilayah dalam hingga luar negeri. 

4. Selalu membuat produk inovasi. 

picjumbo.com

Kreatif lah dalam membuat produk. Untuk itu, jangan lupa membuat inovasi produk Anda. Sesuaikanlah produk inovasi Anda dengan perkembangan zaman, serta sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen. 

5. Tempatkan diri Anda sebagai konsumen. 

pixabay.com

Cara paling ampuh untuk membuat konsumen terus kembali membeli produk Anda adalah dengan menempatkan diri Anda sebagai konsumen. Coba bayangkan apa yang Anda inginkan jika Anda menjadi konsumen? Produk apa yang Anda inginkan? Berapa rentang harga yang Anda inginkan?

Dengan menempatkan diri sebagai konsumen, Anda pun dapat mengetahui apa yang disukai dan membuat konsumen kembali membeli produk Anda. 

Menjaga loyalitas konsumen memang bukanlah hal yang mudah. Namun dengan trik yang tepat, Anda pun bisa menjaga loyalitas konsumen dan membuat pelanggan balik terus!

Baca Juga: Ampuh! Ini Trik Pancing Konsumen Agar Belanja di Toko Online Anda!

Service | 17 / 11 / 2017 | 156