Mau Punya Pelanggan Setia? Berikan 3 Kejutan Ini Dulu

Loyalitas pelanggan seringkali muncul bukan hanya dari kualitas produk yang Anda jual!

 

Oleh: Redaksi

Layanan atau service yang Anda berikan, juga bisa memunculkan loyalitas konsumen. Peran layanan menjadi semakin signifikan, ketika produk yang Anda jual tidak memiliki keunikan yang kuat dibandingkan dengan produk kompetitor.

Nah, agar pelanggan selalu teringat dengan layanan yang Anda berikan, cobalah untuk menciptakan kejutan. Jangan hanya memberikan layanan biasa. Cobalah tawarkan sesuatu yang “luar biasa”.

Kejutan dalam layanan tidak selalu harus dengan biaya yang berlebihan. Jika Anda kreatif, banyak cara-cara mudah serta murah yang bisa dilakukan. Berikut ini 3 prinsip praktis yang bisa Anda lakukan untuk memberikan kejutan pada pelanggan.

1. Berikan lebih dari yang dijanjikan

Adakalanya Anda menjanjikan sesuatu kepada pelanggan. Janji untuk mengantarkan barang. Janji untuk menghubungi jika stok barang yang habis sudah tersedia. Serta janji-janji lainnya. Kejutan akan dirasakan oleh pelanggan saat Anda memberikan sesuatu lebih dari yang dijanjikan.

pexels.com

Misalnya, Anda menjanjikan kepada pelanggan akan mengantarkan barang dalam waktu 3 jam, namun ternyata sejam kemudian barang sudah sampai di rumah mereka. Tidak hanya itu, barang-barang sudah dibungkus secara rapi. Bagi pelanggan tentu ini kejutan yang menyenangkan.

Jadi, cobalah ukur kemampuan Anda sebelum membuat janji kepada pelanggan. Jangan menjanjikan sesuatu yang terlalu muluk jika Anda memang tidak yakin bisa memenuhinya. Lebih baik janjikan hal yang biasa namun penuhi dengan cara yang luar biasa. Itu baru kejutan!

Baca Juga: Tetap Eksis! Ini 5 Cara PT. HM Sampoerna Bisa Bertahan 100 Tahun!

2. Tunjukkan kepedulian ekstra kepada pelanggan

Perhatian-perhatian sederhana, seringkali justru bisa menyentuh hati pelanggan Anda. Coba bayangkan, seandainya Anda sedang berbelanja ke sebuah toko bangunan dan ternyata penjaganya ingat dengan nama Anda, padahal Anda jarang-jarang ke sana. Tentu itu jadi sebuah kejutan yang menyenangkan.

asia.nikkei.com

Bantuan-bantuan kecil pun akan sangat berarti bagi pelanggan. Ketika seorang pelanggan membeli banyak barang, lalu penjaga toko, tanpa harus diminta, sigap membantu menata barang-barangnya di sepeda motor, tentu pelanggan akan merasa sangat senang. Tanpa diminta mereka akan semakin loyal dengan toko bangunan Anda.

3. Pahami dan penuhi keinginan yang tak terungkapkan

Untuk mempraktikkannya Anda harus bisa memiliki empati yang tinggi kepada pelanggan. Anda harus bisa menempatkan diri di posisi mereka dan menebak apa yang sebenarnya mereka inginkan, tanpa mereka sendiri harus mengatakannya kepada Anda.

unsplash.com

Saat seorang pelanggan terlihat bingung selepas berbelanja, penjaga toko harus sigap menawarkan bantuan. Akan menjadi kejutan kalau Anda bisa menebak apa yang sebenarnya membuat mereka kebingungan. “Butuh dipanggilkan taksi untuk membawa barang-barangnya ke rumah, Pak?”, pertanyaan ini bisa Anda ajukan kalau memang kebingungannya karena kesulitan membawa barang.

Di sinilah Anda harus bisa mencermati kegelisahan pelanggan. Jangan cuek saja meskipun mereka sudah menunjukkan bahasa tubuh yang tidak tenang. Bukankah adakalanya pelanggan sungkan untuk meminta bantuan karena takut merepotkan? Di sinilah Anda harus sensitif dan cepat mengambil tindakan.

Baca Juga: Agar Kekinian, 4 Hal Ini Wajib Dilakukan Para Sales!

Service | 27 / 10 / 2017 | 263