Koleksi artikel SEMEN GRESIK Business Care Center

Menurut Penelitian Ternyata Wanita Lebih Jago Pimpin Perusahaan!

Sebuah penelitian meruntuhkan mitos yang ada di masyarakat!

 

Oleh: Rahmat Kurnianto

Selama ini kemampuan wanita masih dipandang sebelah mata dalam dunia bisnis. Tetapi, sebuah penelitian di tahun 2014 oleh DDI (Development Dimensions International), sebuah lembaga konsultan sumber daya manusia dan kepemimpinan internasional, meruntuhkan mitos tersebut. Dalam penelitian DDI yang diulas oleh Forbes, wanita lebih sukses dalam menjalankan perannya sebagai pimpinan perusahaan. Berikut adalah penjabarannya:

1. Kesuksesan dalam memimpin perusahaan

ninja-reflection.com

Dari hasil penelitian, 20% perusahaan yang memiliki performa finansial sangat baik, 27% pemimpinnya adalah wanita. Berbanding terbalik dengan 20% perusahaan dengan performa finansial yang buruk, hanya 19% wanita yang menjadi pemimpin di dalamnya. Statistik ini membuktikan bahwa perusahaan yang memberi kesempatan pada wanita untuk menjadi pemimpin, punya potensi lebih baik dalam menghasilkan profit.

2. Wanita perlu diberi kepercayaan lebih

psyence.co

Penelitian yang dilakukan oleh DDI juga menganalisis sebanyak 13.000 pemimpin dan 1.500 staf HR (Human Resource) dari 2.000 perusahaan di 48 negara. Dari jumlah itu, wanita yang menempati posisi pimpinan hanya sebesar 28%. Pada era di mana perusahaan dituntut untuk menjalankan bisnis secara cepat dan efisien, para wanita memang sebaiknya diberi lebih banyak kesempatan untuk membuktikan kemampuan mereka.

Baca Juga: 5 Tips Agar Lifestyle Tak Lagi Hamburkan Uang, Justru Jadi Pendapatan!

3. Para wanita harus mengembangkan kepercayaan diri mereka

pexels.com

Para peneliti mencari penjelasan mengapa hanya sedikit wanita bisa menempati posisi pemimpin di perusahaan yang bergengsi dan sukses secara finansial. Ternyata jawabannya ada pada kepercayaan diri. Sebesar 12% pemimpin pria menilai diri mereka sebagai bagian yang mendorong kesuksesan perusahaan. Sementara hanya 9% wanita yang menyatakan diri sebagai pendorong kesuksesan perusahaan.

4. Kesempatan dari perusahaan, peluang wanita untuk meningkatkan kepercayaan diri

dealstreetasia.com

DDI juga mengungkap bahwa 35% pemimpin pria setidaknya pernah mengerjakan proyek internasional (yang bergengsi). Berbanding dengan hanya 28% pemimpin wanita yang pernah menangani tanggung jawab serupa. Padahal secara psikologis, kesempatan untuk mengerjakan tugas besar bisa memacu peningkatan kepercayaan diri pelaksananya.

5. Negara mana saja yang ramah pada pemimpin wanita dalam perusahaan?

pexels.com

Beberapa negara telah menunjukkan kemajuan yang pesat dalam memberikan kesempatan pada wanita untuk menjadi pemimpin dalam perusahaan. Negara-negara tersebut adalah Kanada (peringkat 1 dengan 50%), Filipina dan AS (peringkat 2 dengan 41%), dan Thailand (peringkat 3 dengan 40%). Persentase masing-masing berdasarkan perhitungan dari dalam negeri, bukan total keseluruhan negara yang diteliti.

Sebagai seorang pebisnis, Anda harus bisa mendelegasikan tugas dan tanggung jawab pada orang yang benar-benar kompeten. Sudahkah Anda mulai memberi kesempatan pada staf wanita di perusahaan Anda?

Baca Juga: Tak Bikin Miskin, Yuk Tiru Kebiasaan Beramal Orang Sukses Ini!

01 / 01 / 2018
by Editor
tagline