Mudah Ditemui, Ternyata Hal Ini Menguntungkan Bagi Bisnis

Bagaimana dampak komunitas bagi sebuah perusahaan?

 

Oleh: Redaksi

Banyak perusahaan masih beranggapan menggarap komunitas sebagai kegiatan buang-buang uang. Mereka tidak sabar kapan komunitas dapat mendatangkan penjualan bagi perusahaan. Padahal, jika sebuah perusahaan mau bersabar sedikit, komunitas dapat mendatangkan manfaat yang signifikan bagi perusahaan. Berikut adalah manfaat yang didapat perusahaan jika mengelola komunitas:

1. Komunitas membuat perusahaan lebih efisien mengelola dana

prnewswire.com

Ikatan emosional yang terbentuk akan melahirkan loyalitas, yang pada akhirnya akan menurunkan biaya promosi perusahaan. Pahami komunitas yang akan Anda masuki. Pastikan bahwa komunitas dapat mendukung tujuan pemasaran dengan lebih baik dan lebih hemat biaya ketimbang alternatif lain. Jangan sembarangan masuk atau memilih komunitas, bisa-bisa malah menjauhkan Anda dari target pasar. 

Baca Juga: Karyawan Bandel Jadi Patuh dengan 4 Cara Ini, Tak Perlu Galak

2. Komunitas merupakan sumber ide tak terbatas

unsplash.com

Terkumpulnya suara pelanggan/prospek secara kolektif dapat menjadi sumber ide bagi perusahaan untuk melakukan inovasi dan Co-creation sehingga akan menurunkan biaya R&D. Ketahui apa purpose atau tujuan, visi, dan misi dari komunitas. Apa yang menjadi values atau sekumpulan nilai-nilai yang dianut dan  diterapkan oleh komunitas. Lalu, bagaimana identitasnya atau tampilan fisik, jargon, yang juga mencirikan komunitas.

3. Komunitas merupakan aset berharga di era digital

unsplash.com

Akhirnya database pelanggan/prospek yang terkumpul bisa dijadikan rujukan dalam mengembangkan penjualan perusahaan dan kesempatan untuk melakukan Cross and Up Selling. Dengan demikian, terjadi peningkatan sumber penerimaan perusahaan. Anda bisa mendekati komunitas dengan menganalisis tipe komunitas dan figur yang berperan sesuai tipe komunitas. Tipe komunitas dapat dibagi menjadi tiga macam, yaitu pools, hubs, web. Pada komunitas, pools yang menjadi perekat antar anggota di dalamnya adalah kegiatan bersama, tujuan bersama atau nilai-nilai bersama. Bagi komunitas bertipe hubs, tokoh yang karismatik, aktivitas, dan tempat menjadi kunci keterikatan mereka. Berbeda dengan web yang mengutamakan hubungan personal antara satu dengan lainnya.

Baca Juga: Sempat Bangkrut, Ini Kisah Sukses Bob Sadino yang Nyentrik

Managemen | 05 / 12 / 2017 | 60