Koleksi artikel SEMEN GRESIK Business Care Center

5 Trik Sales Ini Jadikan Xiaomi Raksasa Pasar Smartphone, Bisa Ditiru!

Produk-produknya selalu laris manis di seluruh dunia!

 

Oleh: Rahmat Kurnianto

Beberapa tahun terakhir, Xiaomi menjadi salah satu nama yang paling diperbincangkan dalam pasar smartphone. Produk buatan Xiaomi mampu menjadi pesaing bagi nama-nama produsen smartphone yang lebih dulu mapan dan menguasai pasar. Selain dengan harga yang kompetitif dan kualitas tinggi, strategi sales Xiaomi juga turut memiliki andil dalam keuntungan finansial mereka. Simak 5 strategi sales Xiaomi berikut ini, masing-masing sangat mudah untuk Anda terapkan dalam bisnis!

1. Memanfaatkan sistem e-commerce

techinasia.com

Pada masa-masa awal perkembangannya, Xiaomi hanya menerapkan sistem pre-order untuk pemesanan produknya. Dengan mengadopsi sistem e-commerce, Xiaomi bisa menekan biaya untuk sewa gedung toko. Sehingga modal bisa digunakan untuk kebutuhannya yang lain. Saat ini, walaupun sudah membuka gerai resmi, tapi Xiaomi masih menjalin kerja sama ekslusif dengan e-commerce tertentu untuk pemesanan dan pembelian produknya.

2. Setiap produk memiliki media untuk komunikasi dua arah

techinasia.com

Begitu produk diluncurkan, Xiaomi tidak seketika itu juga lepas tangan. Xiaomi justru mengembangkan kanal khusus untuk berkomunikasi aktif dengan konsumennya. Kanal khusus perusahaan, hingga kanal  produk-produk seperti tablet dan smartphone, menjadi media bagi Xiaomi untuk menerima masukan dari konsumennya.

Baca Juga: 5 Cara Pasarkan Produk Di Tahun 2018, Bikin Jualan Makin Laris

3. Menciptakan kelangkaan, untuk memunculkan citra eksklusif

supplychains.com

Tak diragukan lagi, Xiaomi telah memberikan standar baru bagi smartphone. Tak hanya karena bisa memberikan harga yang kompetitif dengan kualitas tinggi, tapi Xiaomi juga mampu memberikan kesan eksklusif bagi konsumennya. Kini, banyak orang bangga jika memakai Xiaomi, yang merupakan ponsel asal Tiongkok. Padahal dulu, ponsel Tiongkok identik dengan kualitas yang rendah.

4. Membangun hubungan yang erat dengan komunitas

xiaomi-mi.de

Kedekatan dengan komunitas juga menjadi perhatian Xiaomi. Sebab dengan keberadaan Mi Fans, sebutan bagi pelanggan setianya, Xiaomi selalu mendapatkan masukan bagi pengembangan produk-produknya. Selain itu, komunitas Mi Fans menjadi media promosi gratis bagi Xiaomi. Langkah cerdas yang menguntungkan!

5. Membuat loyalty program, untuk pelanggan yang setia

lavanguardia.com

Pelanggan dan konsumen memang menjadi orientasi utama Xiaomi. Setiap produk selalu diupayakan untuk memaksimalkan kepuasan pengguna, tak terkecuali dalam layanannya. Contohnya, pelanggan setia Xiaomi yang telah menjadi member VIP dalam komunitas online-nya. Bagi member VIP, mereka memiliki beragam keunggulan seperti diskon produk terbaru, dan acara-acara khusus oleh Xiaomi.

Baca Juga: Tak Bikin Stres, 5 Prinsip Marketing Ini Harus Anda Kuasai Tahun Ini

04 / 01 / 2018
by Editor
tagline