Nasib Bisnis Ternyata Ditentukan Oleh Hal Sepele Ini Lho

Promosi mulut ke mulut masih efektif di era digital seperti saat ini!

 

Oleh: Redaksi

Word of Mouth (WOM) merupakan sebuah istilah untuk promosi dari mulut ke mulut. Banyak sekali pihak marketing yang meremehkan promosi semacam ini, bahkan memiliki pandangan skeptis dengan jenis promosi yang satu ini.

Padahal banyak sekali manfaat penting yang bisa didapatkan oleh perusahaan saat menerapkan strategi word of mouth (WOM). Berikut 5 alasan penting yang menjadikan word of mouth penting untuk diperhatikan pebisnis.

1.Word Of Mouth Memerlukan Biaya yang Kecil

unsplash.com

Biaya promosi sering menjadi kendala banyak perusahaan yang baru berkembang, karena anggaran mereka masih terbatas. Melalui promosi word of mouth, biaya yang dikeluarkan sangatlah kecil, bahkan bisa saja tidak memerlukan biaya sama sekali.

2. Suara Konsumen Patut Dihargai

pexels.com

Komunikasi lebih sulit untuk diperbaiki sebab ada banyak sekali faktor yang berada di luar kendali Anda. Sehingga jika Anda sangat tanggap dengan suara para konsumen dan segera merespon dalam bentuk tindakan nyata, hal ini tentu sangat dihargai oleh para konsumen.

3. Word Of Mouth adalah Opini Jujur

Word of mouth akan memberikan masukan yang sangat berharga kepada perusahaan, sebab WOM merupakan sebuah opini yang apa adanya dan jujur dari pihak konsumen.

Baca Juga: Merasa Sudah Sukses? Pastikan Anda Sudah Melakukan 3 Hal Ini

4. Opini Orang yang Dipercaya, Sangat Berdampak kepada Konsumen

unsplash.com

Saat ini para calon pembeli kesulitan untuk mengumpulkan informasi tentang suatu produk yang akan mereka beli dan tidak memiliki banyak waktu untuk membuat penelitian sendiri. Oleh karena itu, para pelanggan semakin tergantung dengan sumber yang mereka percaya dan hormati untuk membuat sebuah keputusan membeli.

5. Survey tentang Word Of Mouth

pixabay.com

Sebuah studi yang dilakukan oleh Roper ASW menunjukkan fakta bahwa sekitar 10-20% konsumen di Amerika memiliki kemampuan untuk mempengaruhi 90% konsumen yang lain. Value dari promosi WOM terus meningkat sebesar 1,5 kali lipat secara rata-rata sejak tahun 1980-an.

Para pelaku bisnis justru sering melupakan strategi yang tampak "sepele" seperti word of mouth ini. Sekarang tantang diri Anda untuk menerapkan strategi word of mouth ini secara efektif, agar bisnis Anda semakin kokoh dan tak tertandingi oleh para pesaing.

Baca Juga: 5 Aturan Keuangan Ini Bikin Libur Akhir Tahun Irit dan Menyenangkan

Marketing | 29 / 11 / 2017 | 78