Pantas Sukses, Ternyata Seperti Ini Kebiasaan Orang Kaya di Akhir Pekan!

Oleh: Evelyn Davsy 

Akhir pekan bisa jadi hal-hal yang paling ditunggu oleh banyak orang. Beristirahat, jalan-jalan, maupun tidak melakukan apa-apa bisa jadi kebiasaan yang Anda lakukan di akhir pekan. Namun ternyata, kebiasaan di akhir pekan juga dapat menentukan kesuksesan Anda, lho. Biasanya, orang sukses akan menghabiskan akhir pekan untuk hal-hal yang bermanfaat dan tetap produktif. 

Lalu, seperti apa ya kebiasaan orang sukses di akhir pekan?

1. Bangun lebih awal - Robert Iger 

4nids.com

Akhir pekan seringkali memang digunakan oleh banyak orang untuk bangun lebih siang dari biasanya. Namun tidak demikian dengan Robert Iger. CEO Disney ini menyarankan agar Anda tetap bangun lebih awal pada akhir pekan agar Anda tetap bisa menjalani akhir pekan dengan produktif. 

2. Buatlah rencana - Benjamin Franklin 

marlacummins.com

Meskipun hari libur, bukan berarti Anda tak membuat rencana kegiatan, kan? Orang sukses akan tahu apa yang ingin ia capai dalam hari-harinya, tak terkecuali adalah akhir pekan. Untuk itu, tentukanlah kegiatan produktif apa yang akan Anda lakukan di akhir pekan. 

3. Jangan lakukan pekerjaan dengan multitasking - Timothy Ferris 

brainscape.com

Melakukan beberapa pekerjaan sekaligus memang seringkali menggoda. Mungkin Anda bisa menonton drama kesukaan Anda sambil lari di treadmill, atau bermain game sambil mengasuh anak? Tapi pada dasarnya, kegiatan yang dilakukan secara bersamaan tidak akan maksimal. Untuk itu, fokuslah pada suatu pekerjaan sebelum beranjak pada pekerjaan yang lain. 

Baca Juga: Dari Nol Hingga Sukses, Begini Kisah Pendiri Dodol Picnic!

4. Sisihkan waktu untuk hobi - Warren Buffet 

popsugar.com

Weekend memang menjadi waktu yang tepat untuk melakukan hobi yang Anda sukai. Hal ini bertujuan untuk melepas penat Anda setelah seminggu bekerja, sekaligus mengembangkan kemampuan yang Anda miliki. Dari pada tidur, bukankah lebih baik melakukan hobi yang Anda sukai?

5. Lakukan refleksi diri - Bill Gates 

yogajournal.com

Refleksi diri adalah salah satu hal yang hampir dilakukan oleh semua orang sukses. Dengan refleksi diri, Anda jadi mengetahui hal apa saja yang harus Anda perbaiki. Alhasil, Anda pun bisa menjadi orang yang lebih baik. Tak ada salahnya kan untuk menyisihkan waktu di akhir pekan untuk melakukan refleksi diri?

6. Melakukan kegiatan amal - Richard Branson

unsplash.com

Anda tidak akan jatuh miskin karena memberi atau beramal. Anda pun bisa menghabiskan akhir pekan Anda untuk kegiatan sosial. Selain memberikan uang, Anda pun bisa memberikan waktu dan tenaga dalam berbagai aktivitas sosial. Akhir pekan Anda pun akan menjadi lebih berarti. 

7. Bersiap-siap untuk hari Senin - Jack Dorsey 

pixabay.com

Khususnya pada hari Minggu, siapkanlah diri Anda untuk kembali beraktivitas. Anda bisa beristirahat, atau melakukan hal menyenangkan yang tidak menghabiskan banyak energi. Selain itu Anda pun bisa kembali memikirkan prioritas apa saja yang ada untuk minggu selanjutnya. 

Weekend memang seringkali digunakan untuk bermalas-malasan dan bersenang-senang. Namun orang sukses sadar bahwa weekend juga saat yang tepat untuk melakukan pekerjaan yang produktif dan memperbaiki diri, lho. Anda pun bisa bersenang-senang dengan kegiatan yang produktif, misalnya memberi dan menghabiskan waktu untuk hobi. Selamat berakhir pekan!

Baca Juga: Makin Mudah, Praktikkan Tips Menabung Berdasarkan Usia Ini!

Lifestyle Leadership | 26 / 11 / 2017 | 88