Koleksi artikel SEMEN GRESIK Business Care Center

Perlukah Menaikkan Gaji Karyawan? Ini 5 Pertimbangannya!

Oleh: Evelyn Davsy 

Sebagai seorang pebisnis, banyak hal yang harus Anda perhatikan, tak terkecuali mengenai gaji karyawan. Selain berpengaruh pada keuangan perusahaan, gaji karyawan akan berpengaruh pada kinerja dan juga loyalitas karayawan. Kenaikkan gaji pun harus dipertimbangkan dengan baik. Jangan sampai, Anda gegabah dan salah dalam melakukan kenaikkan gaji karyawan. Lalu, seperti apa ya pertimbangan dalam menaikkan gaji karyawan?

Pertimbangkan kinerja karyawan. 

ibi.com.hk

Salah satu hal penting yang harus Anda perhatikan dalam menaikkan gaji karyawan adalah kinerja karyawan selama ini. Apakah kinerja karyawan A sudah sangat baik hingga ia memerlukan kenaikkan gaji? Jika iya, Anda pun bisa menentukan besaran kenaikkan yang sesuai dengan kinerjanya. 

Lihat keuangan yang Anda miliki. 

pfeef.org

Selain itu, perhatikan pula keuangan perusahaan Anda. Jangan sampai, Anda memaksakan kenaikkan gaji hingga memberatkan keuangan perusahaan Anda. Jika memang belum ada dana yang cukup untuk kenaikan gaji, namun Anda merasa bahwa karyawan memerlukan kenaikkan gaji, maka cobalah perhatikan satu per satu pengeluaran perusahaan yang mungkin dapat dipangkas untuk menaikkan gaji karyawan. 

Baca Juga: Menurut Penelitian Ternyata Wanita Lebih Jago Pimpin Perusahaan!

Apakah kenaikan gaji ini akan berdampak positif bagi bisnis Anda?

choiceusavending.com

Kenaikkan gaji karyawan pastinya harus dapat memberikan dampak positif bagi perusahaan, misalnya apakah dapat meningkatkan kinerja karyawan, ataupun dapat meningkatkan produktivitas yang membawa keuntungan bagi perusahaan. Jika tidak memberikan dampak positif, mungkin ada baiknya Anda mengkaji ulang rencana untuk menaikkan gaji karyawan. 

Tentukan kenaikan yang sesuai. 

howwelead.org

Selain perlu tidaknya menaikkan gaji, tentukan pula kenaikkan gaji yang sesuai bagi karyawan. Kesesuaian ini dapat ditentukan dari kinerja dan produktivitas karyawan. Dengan besaran yang tepat, kenaikkan gaji yang Anda lakukan pun akan memberikan manfaat bagi bisnis Anda. 

Jangan gegabah dalam menaikkan gaji karyawan. 

youroralhealthhub.com

Hal yang penting, jangan gegabah dalam menaikkan gaji karyawan, misalnya hanya karena karyawan menuntut kenaikkan gaji. Kajilah ulang tentang kinerja karyawan dan gaji yang memang sesuai untuk mereka. 

Kenaikkan gaji pun akan dapat memberikan manfaat pada bisnis jika Anda melakukannya dengan tepat. 5 pertimbangan di atas pun dapat Anda gunakan sebelum menaikkan gaji karyawan. 

Baca Juga: 5 Pebisnis Muda Yang Layak Diperhitungkan Di Tahun 2018

02 / 01 / 2018
by Editor
tagline