Psst! Ini 5 Rahasia CEO Tokopedia dalam Membangun Bisnis Online!

Oleh: Evelyn Davsy 

Nama William Tanuwijaya tentu sudah tak asing lagi bagi Anda yang akrab dengan dunia bisnis, terutama bisnis start up. Lahir di Pematang Siantar, William rupanya juga mengalami masa-masa sulit saat awal membangun bisnis. Dari permasalahan mencari investor, hingga permasalahan internal perusahaan pernah dialami oleh William. Namun dengan keuletan dan strategi yang tepat, William pun kini sukses membangun Tokopedia. 

Berikut adalah tips membangun bisnis online ala William Tanuwijaya!

1. Anda harus punya alasan yang kuat dalam membangun sebuah bisnis online

medium.com

Dalam membangun sebuah bisnis, tentu Anda takkan terhindarkan dari rintangan dan masalah yang akan dapat membuat Anda mengalami kegagalan. Namun dengan alasan yang kuat dalam membangun bisnis online Anda, tentu Anda tidak akan menyerah dalam menghadapi segala rintangan dan masalah yang ada. Justru, Anda akan dapat merubah masalah dan rintangan ini menjadi solusi atau bahkan jalan keluar yang dapat membuat bisnis Anda semakin sukses. 

William pun menyarankan agar pelanggan  menjadi alasan utama mengapa bisnis Anda dibangun. “Mendapatkan pendanaan setiap tahunnya bukan tujuan Tokopedia. Tapi, kami bangun produk untuk pelanggan. Misi kami mau demokratisasi perdagangan dengan internet dan teknologi," papar William. 

2. Jangan terlalu ikut arus. 

viva.co.id

Bagi William, tidak selamanya tren dan arus harus diikuti. Lebih jauh lagi, pertimbangkan apakah tren dan arus itu memang dapat membuat bisnis Anda berkembang atau tidak. Selain itu, dengan tidak selalu ikut arus, bisnis Anda pun akan tampil beda dari bisnis-bisnis lainnya. 

Baca Juga: Berawal dari Gang Dolly, Kini Jadi Bos Perusahaan Otomotif Internasional!

3. Buat pelanggan setia pada bisnis Anda. 

youtube.com

Dalam membangun bisnisnya, William menganggap bahwa pelanggan adalah hal yang paling penting. Untuk itu, penting untuk menjaga kesetiaan pelanggan. Dengan adanya pelanggan yang setia, tentu bisnis Anda akan dapat berkembang. 

 “Dulu saat kami tidak punya kapital, ini bukan soal satu juta orang yang terdaftar tapi bagaimana membuat sepuluh ribu pendaftar yang ada bisa kembali menggunakan layanan ini," cerita William. 

4. Bangunlah tim yang solid dan peduli. 

jatimtech.com

Dalam sebuah perusahaan, tentu dibutuhkan kerjasama dari banyak orang, yaitu dari tim. Alhasil, tim yang solid dan peduli wajib dimiliki oleh sebuah perusahaan jika ingin sukses. “Tim kami mungkin bukan yang tercerdas, tapi mereka peduli tentang perusahaan dan pelanggan," ujar Wiliam. 

5. Lari maraton menuju kesuksesan!

biografiku.com

Bagi William, startup bukanlah suatu perlombaan lari cepat, melainkan lari maraton. Untuk itu, kualitas adalah hal yang dipegang oleh William. Keberhasilan bisnis pun seharusnya dinilai dari kualitas, bukan kuantitas. 

Bisnis online memang menjadi bisnis yang memiliki masa depan cerah saat ini. Namun membangun bisnis online tentu tidak bisa sembarangan. Lima tips dari William Tanuwijaya di atas pun bisa jadi panduan Anda dalam membangun bisnis online!

Baca Juga: Dari Nol Hingga Sukses, Ini Kisah Pendiri Blue Bird!

Leadership Trends | 11 / 11 / 2017 | 137