Sempat Bangkrut, Ini Kisah Sukses Bob Sadino yang Nyentrik

Oleh: Evelyn Davsy 

Nama Bob Sadino tentu sudah tak asing di telinga. Sebelum sukses, pebisnis nyentrik ini pun juga melalui masa sulit dalam hidupnya. Lahir pada 9 Maret 1933, Bob terbiasa bekerja keras, terlebih ketika sang ayah meninggal. Dalam mencapai kesuksesan, Bob pun memiliki tips sukses yang nyeleneh dan nyentrik. Sempat bangkrut dan hidup pas-pasan, begini kisah Bob hingga sukses. 

Mengalami kecelakaan dan menjadi kuli bangunan. 

kopipait.web.id

Sepeninggal sang ayah, tepatnya ketika berusia 19 tahun, Bob pindah ke Eropa. Berbagai pekerjaan pun dilakoni Bob di Benua Biru, misalnya saja karyawan agen pelayaran PT Djakarta Lloyd hingga pegawai perusahaan barang konsumsi Unilever. Di Eropa pula, Bob menikahi sang istri, Soelami Soejoed.

Pada 1967, Bob pulang ke Indonesia dengan dua mobil Merecedes Benz. Satu mobil dijualnya untuk membeli sebidang tanah, sementara mobil satu lagi digunakannya sebagai taksi gelap. Namun kemudian Bob mengalami kecelakaan, hingga mobilnya rusak parah. Bob pun terpaksa berganti pekerjaan sebagai kuli bangunan. 

Merambah bisnis bahan makanan. 

kopipait.web.id

Bob tidak menyerah meski berada di tengah keterpurukan. Ia pun mencoba merambah ke bisnis makanan. Pada awalnya, Bob menjual telur ayam negeri. Berkat kemampuan bahasa inggris yang dimiliki oleh Bob, ia pun mendapatkan banyak pelanggan dari luar negeri. Usaha Bob pun semakin maju hingga ia mendirikan peternakan ayam, ladang sayur, hingga supermarket organik Kem-Chicks.

Baca Juga: 3 Hal Ini Bikin Kaya dengan Traveling, Dijamin Ketagihan

Bagi Bob, perjalanan sukses justru tidak membutuhkan rencana. 

echomouse.blogspot.co.id

Jika banyak dari orang yang berusaha membuat rencana untuk sukses, bagi Bob, perjalanan menuju kesuksesan justru tidak membutuhkan rencana. “Dengan adanya tujuan, maka seseorang hanya tertuju pada satu titik yang namanya tujuan. Dia tidak akan berusaha untuk mendapatkan hasil yang melebihi titik tersebut. Padahal potensi setiap orang sangat mungkin melewati titik tersebut. Jadi sayang dong kemampuan saya, bila harus dipaku oleh tujuan," ujar Bob, dilansir dari mebiso.com. 

Kegagalan menjadi kunci sukses Bob Sadino. 

anietha.com

Saat sekolah bisnis pada umumnya akan mengajarkan untuk mencari keuntungan dan menghindari kegagalan, pebisnis yang hobi mengenakan celana pendek ini justru menyarankan kegagalan. “Orang sudah terlalu terbiasa berpikir secara linier. Kalau mau usaha, pasti mencari untung; mencari berhasil. Padahal dalam usaha itu ya pasti ada rugi dan gagal toh? Bagi kamu yang mau berhasil, justru cari kegagalan sebanyak-banyaknya. Sebab keberhasilan itu hanyalah sebuah titik di puncak gunung kegagalan," tulis Bob di dalam bukunya yang bertajuk "Belajar Goblok dari Bob Sadino". 

Setiap orang sukses tentu memiliki cara suksesnya sendiri, namun bagi Bob Sadino, kesuksesan yang didapatkannya sekarang adalah berkat kegagalan demi kegagalan yang dilaluinya. Selain itu, kegigihan dan kemauan yang kuat pun membawanya pada titik kesuksesan. Bagaimana menurut Anda pebisnis nyentrik yang satu ini?

Baca Juga: Intip Kisah Sukses Pendiri KasKus, Andrew Darwis, Yuk!

Leadership | 04 / 12 / 2017 | 75