Simak Kisah BrideStory, Bisnis Wedding Kekinian ala Kevin Mintaraga!

Bisnis wedding tampaknya menjadi salah satu bisnis yang makin menjamur!

 

Oleh: Evelyn Davsy 

Berbagai jasa dan produk wedding dapat menjadi peluang bisnis, sebut saja suvenir, hadiah, make up artist, gaun pengantin, event organizer, dan sebagainya. Hal inilah yang membuat Kevin Mintaraga tertarik untuk mendirikan Bridestory. 

BrideStory mengusung konsep situs direktori pernikahan di mana para calon pengantin bisa memperoleh referensi unik seputar konsep pernikahan. Kini Bridestory pun telah menjadi salah satu bisnis startup yang menginspirasi. Lalu, seperti apa ya kisah dari Kevin Mintaraga, sang pendiri Bridestory ini?

1. Tak pernah berencana menjadi entrepreneur

hitsss.com

Kevin Mintaraga tak pernah berencana untuk menjadi seorang pebisnis. Ia pun pada awalnya bukanlah orang yang memiliki passion di dunia bisnis. Mengenyam pendidikan di Australia dengan jurusan computer science, Kevin rupanya memiliki hobi sebagai gamers. Berbagai kompetisi nasional dan internasional pun pernah dimenangkan oleh Kevin. 

2. Memutuskan keluar dari zona nyaman dan mulai membuat bisnisnya sendiri. 

youtube.com

Turning point dari kehidupan Kevin terjadi ketika sang ayah mengalami sakit hingga ia harus berhenti kuliah. Kevin pun sadar bahwa ia harus keluar dari zona nyaman dan membangun bisnis untuk memiliki penghasilannya sendiri. Hal ini pun harus segera ia jalani demi perekonomiannya yang stabil di usia muda. 

Kala mencari referensi bisnis, rupanya Kevin menemukan bahwa di Indonesia pada tahun 2008, pendapatan yang diperoleh dari bidang pemasangan iklan digital hanya 0.4 % saja. Jika dibandingkan dengan pemasukan iklan digital di Amerika Serikat dan Eropa yang mencapai angka 15%, tentu nilai pendapatan di Indonesia terbilang kecil. 

Kevin pun optimis bahwa bisnis digital marketing di Indonesia pun bisa bertumbuh, hingga ia kemudian ia mendirikan Magnivate, startup di bidang digital marketing bersama rekan-rekannya. Sukses selama 4 tahun berdiri, Magnivate yang dibangun oleh Kevin pun diakuisisi oleh perusahaan periklanan dan kehumasan terbesar di dunia yang berasal dari Inggris dan berganti nama menjadi XM Gravity. 

Baca Juga: Ampuh! Ini Trik Pancing Konsumen Agar Belanja di Toko Online Anda!

3. Mendirikan Bridestory.

indonesiatatler.com

Di tengah kesuksesannya menjadi pimpinan dari XM Gravity, Kevin malah memilih untuk mundur dan mendirikan bisnis pernikahan yang kemudian dinamainya Bridestory. Meskipun tak memiliki pengalaman di bidang bisnis pernikahan, Kevin mendapatkan banyak masukan dari sang istri yang telah berpengalaman dalam bidang wedding planner. 

Dengan memanfaatkan beragam informasi serta riset bisnis pernikahan, Kevin pun berusaha untuk menghadirkan konsep bisnis pernikahan yang baru pada Bridestory. 

4. Membuat inovasi di bidang bisnis wedding.

flickr.com

Kevin pun berinovasi dalam mengembangkan bisnis pernikahan. Dalam Bridestory, para calon pengantin bisa mendapatkan berbagai informasi unik mengenai konsep pernikahan. Selain itu, ada pula fitur yang dapat menghubungkan calon pengantin dengan vendor pernikahan. 

Keluar dari zona nyaman dan inovasi pun menjadi kunci sukses dari Kevin Mintaraga. Selain itu, ia pun tidak menyerah dengan keadaan dan justru memanfaatkan keadaan yang buruk untuk memotivasinya semakin lebih maju. Jadi, kapan nih mau coba berinovasi bisnis seperti yang dilakukan Kevin?

Baca Juga: Mau Pelanggan Balik Terus? Lakukan 5 Trik Ini!

Sales Leadership Trends | 18 / 11 / 2017 | 101