Sukses Berpenghasilan Sejuta Dollar, Begini Kisah Jatuh Bangun Merry Riana

Oleh: Evelyn Davsy 

Nama Merry Riana tentu sudah tak begitu asing. Sebagai pengusaha, penulis, dan motivator terkenal di Indonesia, Merry Riana telah memiliki penghasilan satu juta dolar di usia 26 tahun. Pencapaian ini pun membuat Merry Riana diliput di media massa, tak hanya di Indonesia, namun juga di Singapura, Malaysia, dan Vietnam.

Tetapi kesuksesan ini tidak datang dengan mudah. Merry Riana mengalami jatuh bangun yang begitu berat, tak hanya sekali, bahkan berkali-kali. Kisah perjuangan Merry Riana dalam mencapai kesuksesan pun bermula saat ia berusia 18 tahun. 

Terpaksa merantau ke Singapura.

toyotabatamcentre.com

Lahir di Jakarta, takdir mengharuskan Merry Riana untuk merantau ke Singapura untuk mengungsi dari Indonesia yang kala itu dilanda krisis moneter dan kerusuhan dan mengenyam pendidikan di Nanyang Technological University (NTU). Merry Riana pun hanya berbekal pas-pasan saat pertama kali ia menapakkan kaki di Singapura. Sendiri dan tak memiliki bekal keuangan maupun koneksi, Merry berusaha bertahan hidup di Singapura. 

Hanya makan mi instan karena keuangan yang tak mendukung. 

satubanten.com

Untuk memenuhi kebutuhannya, Merry terpaksa harus berutang pada pemerintah Singapura. Namun itu saja tidak cukup, ia masih harus berjuang dalam menjalani masa kuliah dengan ekonomi yang memprihatinkan saat itu.  

Saat itu, Merry pun harus membiasakan dirinya untuk hidup sesederhana mungkin, dengan makan hanya roti tawar, mi instan, bahkan terkadang terpaksa untuk tidak makan bila kondisi keuangan tidak mendukung.

Bekerja part-time untuk memenuhi kebutuhannya. 

istiam.blogspot.co.id

Berbagai cara pun dilakukan Merry Riana untuk memenuhi kebutuhannya, salah satunya adalah bekerja part-time. Di tengah kesibukan kuliahnya, Merry Riana harus membagi waktunya untuk mendapatkan penghasilan. Berbagai pekerjaan dilakoni Merry, sebut saja embagi brosur di jalan, staf di toko bunga, dan pelayan restoran di hotel.

Baca Juga: Dari Nol Hingga Sukses, Ini Kisah Pendiri Blue Bird!

Menjadi entrepreneur untuk membayar hutangnya.

canon.com.sg

Ketika lulus, Merry sadar bahwa hutangnya telah mencapai 40 ribu dolar atau sekitar 300 juta rupiah, pada pemerintah Singapura. Merry pun memutar otak untuk membayar hutangnya yang tak kecil itu. Ia pun memutuskan untuk menjadi seorang entrepreneur. 

Merry Riana mencapai kebebasan finansial 4 tahun setelah kelulusannya. 

motivatorbili.wordpress.com

Berkat kegigihan, ketekunan, dan attitude positif, Marry yang tak memiliki modal dan koneksi, akhirnya dapat membayar seluruh hutangnya pada pemerintah Singapura dalam waktu hanya 6 bulan. Selain itu, ia pun berhasil mencapai kebebasan finansial 4 tahun setelah kelulusannya. 

Menginspirasi banyak orang. 

masadepangua.com

Kesuksesan Merry ini tentunya menginspirasi banyak orang. Ketekunan, kegigihan, serta keuletan Merry menjadi hal yang bisa menjadi pelajaran bagi banyak orang yang ingin menjadi entrepreneur. Sebuah film berjudul "Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar" pun menjadi film yang menceritakan kisah sukses dan inspiratif dari Merry Riana. 

Kini, Merry Riana telah menjadi salah satu pengusaha sukses di Indonesia. Selain itu, Merry pun menjadi motivator. Rupanya Merry juga ingin menginspirasi banyak orang dalam menggapai kesuksesan. 

Jatuh bangun Merry Riana pun menjadi bukti bahwa tidak ada kesuksesan yang dicapai dengan mudah. Namun jangan sampai Anda mudah menyerah dalam mencapai kesuksesan. Dengan kegigihan dan semangat untuk terus belajar, seberapa sering pun Anda jatuh, percayalah bahwa Anda tetap bisa mencapai kesuksesan!

Baca Juga: Psst! Ini 5 Rahasia CEO Tokopedia dalam Membangun Bisnis Online!

Marketing Leadership | 21 / 11 / 2017 | 113