Mudah! Tekan Pengeluaran Bulanan Anda dengan 5 Cara Ini

Oleh: Evelyn Davsy 

Dalam rencana keuangan, menabung menjadi salah satu hal yang penting dilakukan. Namun nyatanya, menabung bisa jadi sangat sulit untuk dilaksanakan. Alhasil, pemasukan yang didapat di awal bulan pun akan habis di akhir bulan tanpa bersisa. 

Sebenarnya, Anda bisa menabung dengan beberapa tindakan kecil, kok. Tanpa tindakan besar yang mungkin memberatkan, berikut adalah cara menekan pengeluaran bulanan agar Anda dapat lebih mudah menabung!

1. Menabung dari nominal kecil. 

pixabay.com

Menabung dengan nominal yang besar seringkali sulit untuk dilakukan. Untuk itu, Anda bisa mencoba menabung dengan nominal uang yang kecil. Misalnya, setiap Anda menemukan uang pecahan 5.000 atau 10.000, Anda harus memasukkannya pada celengan tabungan Anda. Meskipun tampak kecil, lama-kelamaan tabungan Anda akan terus bertambah, lho. 

2. Mencatat pemasukan dan pengeluaran.

picjumbo.com

Penting bagi Anda untuk mengetahui berapa jumlah pemasukan dan pengeluaran Anda dalam sebulan. Jangan sampai, pengeluaran Anda rupanya lebih banyak dari pada pemasukan Anda. Selain itu, teliti pula untuk apa sajakah dana pengeluaran yang Anda miliki itu. Pastikan bahwa Anda memang menggunakan dana pengeluaran untuk membeli sesuatu yang sebenarnya tak dibutuhkan.

Baca Juga: Senin Hari Produktif, Ini 7 Hal yang Dilakukan Orang Sukses

3. Menunda pembelian. 

singaporebusiness.com

Belanja ke mall dan melihat diskon? Jika sebelumnya Anda mungkin lebih mudah tergoda, kini saatnya bagi Anda untuk menahan diri. Jangan mudah tergiur dengan produk diskon. Pastikan Anda mengetahui apakah produk diskon tersebut memang Anda butuhkan, atau hanya sekadar keinginan?

4. Berhenti langganan TV kabel atau gym

pinterest.com

Anda berlangganan TV kabel atau gym? Coba pertimbangkan baik-baik apakah Anda membutuhkannya dan apakah Anda bisa menggantikannya dengan cara lain sehingga pengeluaran bulanan Anda dapat ditekan. Misalnya, daripada bergabung di gym, Anda pun sebenarnya bisa olahraga sendiri di rumah. Alhasil, Anda pun bisa menekan pengeluaran bulanan Anda. 

5. Menabung langsung saat ada pemasukan. 

thebeijinger.com

Menabung memang sulit untuk dilakukan. Untuk mengatasinya, Anda bisa langsung menabung begitu Anda mendapat pemasukan. Jangan beri kesempatan pada diri Anda sendiri untuk menggunakannya untuk sesuatu yang sebenarnya tak begitu Anda butuhkan. 

Menekan pengeluaran bulanan penting dilakukan ketika Anda terbiasa tak bisa menabung. Lima tips di atas pun dapat Anda terapkan untuk menekan pengeluaran bulanan. 

Baca Juga: Mau Lebih Produktif Kerja? Lakukan Dulu 4 Ritual Ini!

Leadership Managemen | 06 / 11 / 2017 | 123