Koleksi artikel SEMEN GRESIK Business Care Center

Tak Banyak Diketahui, Inilah 4 Nilai Kehidupan Jack Ma dalam Meraih Sukses

Oleh: Evelyn Davsy 

Nama Jack Ma tentu sudah tak asing di telinga. Pendiri e-commerce Alibaba ini telah berhasil mengembangkan bisnisnya hingga menjadi e-commerce terbesar di Tiongkok, juga masuk ke dalam jajaran e-commerce terbesar di dunia. Meski demikian, kesuksesan ini tak dicapainya dengan mudah. Dilansir dari Time dalam "Valuing What Matters", berikut adalah nilai-nilai kehidupan yang dipegang Jack Ma hingga sukses seperti sekarang.

1. Selalu berpikir ke depan. 

hollywoodreporter.com

Jack Ma melihat banyak orang yang gagal dalam membangun mimpi dan usahanya karena kurang jeli dalam melihat kesempatan. Untuk itu, Anda harus dapat melihat peluang dan juga mengambilnya. Berusahalah hingga mimpi Anda benar-benar terkabul. 

“Kita dapat meraih kesuksesan hari ini, bukan karena kita melakukan pekerjaan besar hari ini saja. Itu karena kita sudah melakukannya dengan bermimpi dari lima belas tahun yang lalu,” ujar Jack.

2. Uang bukanlah kebahagiaan, melainkan tanggung jawab. 

cnbc.com

Uang seringkali dianggap sebagai kebahagiaan. Namun hal ini berbeda bagi Jack Ma. 

“Ketika kamu memiliki satu juta dolar, kamu adalah orang yang beruntung. Saat kamu punya sepuluh juta dolar, kamu akan mendapat masalah dan sakit kepala, dan ketika kamu memiliki puluhan miliar dolar bahkan lebih dari itu, itu adalah sebuah tanggung jawab. Itu adalah sebuah kepercayaan yang dibebankan untukmu, bahwa kamu dapat mempergunakan uang itu lebih baik daripada orang lain,” kata Jack Ma tentang tanggungjawab dan uang. 

Baca Juga: Makin Untung, Ini Dia 3 Trik Tingkatkan Penjualan Di Musim Liburan

3. Mengharapkan yang tak terduga. 

lifehack.org

“Hidup itu seperti sekotak coklat. Kamu tidak akan pernah tau apa yang akan kamu dapatkan,” kata Jack. Ia percaya bahwa uang bukanlah segalanya, dan kesuksesan tidak diukur dari banyaknya uang. 

Oleh karena itu, jangan sampai Anda memulai bisnis hanya karena uang. Pastikan bahwa Anda memang benar-benar mencintai bisnis tersebut, dan bahkan rela untuk tetap mengerjakannya meskipun tak mendapatkan uang. 

4. Anda tak membutuhkan koneksi untuk dapat sukses. 

time.com

Koneksi seringkali dianggap hal yang penting dalam bisnis, namun Jack Ma memiliki pandangan yang berbeda. “Kami tidak punya ayah yang kaya atau paman yang berkuasa, kami hanya punya konsumen yang mendukung kami,” katanya. 

Anda tak memerlukan ayah ataupun paman yang sukses dan berkuasa untuk menjadi sukses, yang Anda butuhkan adalah diri Anda sendiri yang telah dipenuhi oleh niat dan semangat yang kuat.  Bagi Jack Ma, rumus utama untuk sukses adalah rajin, bekerja keras, dan tidak pernah melupakan ambisi. Apapun bentuk usaha Anda, rumus ini akan dapat membawa Anda pada kesuksesan. 

Baca Juga: 5 Perbedaan Manajer Sukses Dan Manajer Gagal, Anda Pernah Merasakan?

05 / 01 / 2018
by Editor
tagline