Koleksi artikel SEMEN GRESIK Business Care Center

Tak Bikin Stres, 5 Prinsip Marketing Ini Harus Anda Kuasai Tahun Ini

Pastikan Anda menerapkan semua hal ini, agar tak membakar uang dengan percuma!

 

Oleh: Rahmat Kurnianto

Marketing masih menjadi ujung tombak bagi bisnis di tahun 2018 ini. Meskipun tren marketing telah bergeser dari konvensional ke digital, tetapi prinsip dasarnya masih sama. Sering kali para pelaku bisnis melupakan prinsip-prinsip dasar ini. Dilansir dari portal buzzinteractive.com, agar proses marketing Anda berjalan efektif dan tidak menghamburkan uang, simak 5 prinsip ini: 

1. Pahami identitas merek sebelum melakukan marketing

unsplash.com

Sebelum melakukan marketing pada beragam platform, Anda harus memahami identitas merek terlebih dulu. Dengan memahami identitas merek, Anda bisa menentukan platform apa yang paling tepat dalam proses marketing nantinya. Misal Anda punya merek jamu dengan target pasar anak muda, maka tidak lagi relevan untuk melakukan marketing dengan menyebar pamflet dan brosur di jalan. Sebaliknya, mulai manfaatkan media sosial, jika perlu lakukan endorsement. 

2. Marketing Anda harus memecahkan masalah

pexels.com

Kegiatan marketing yang dilakukan harus bisa menunjukkan bahwa merek Anda mampu memecahkan masalah yang ada. Misalnya, ada produsen obat jerawat mengklaim bahwa mereknya adalah obat jerawat paling ampuh dan murah. Maka dalam proses penyampaiannya, kelebihan yang dimiliki oleh merek ini harus dipaparkan secara jelas.

Baca Juga: Perlukah Menaikkan Gaji Karyawan? Ini 5 Pertimbangannya!

3. Anda harus menyampaikan nilai merek secara tepat

unsplash.com

Anda harus menemukan nilai yang paling tepat dari merek Anda untuk dipasarkan. Selalu ingat bahwa target pasar yang jelas, akan memudahkan Anda untuk menemukan nilai merek yang tepat. Nilai yang tepat akan membuat calon konsumen merasa bahwa merek Anda adalah pilihan terbaik.

4. Penting, ciptakan efek yang mengena!

oxford-group.com

Marketing tidak bisa disebut sukses jika tidak ada efek yang muncul setelahnya. Pastikan bahwa marketing Anda bisa membuat calon konsumen tertarik dengan merek Anda. Sebab jika tidak, berarti ada kesalahan dalam strategi Anda.

5. Jangan terlena, selalu lakukan analisis terhadap hasil

indiatimes.com

Hasil marketing yang berhasil tentu akan membawa kepuasan dan keuntungan finansial. Sebaliknya, marketing gagal akan menghabiskan modal Anda. Meskipun begitu, apapun hasilnya, jangan lupa (apalagi malas) untuk melakukan analisis hasil dari kegiatan marketing yang Anda lakukan. Analisis ini akan berguna untuk menentukan langkah apa yang bisa Anda ambil di masa depan.

Semoga tahun 2018 ini menjadi tahun yang baik bagi kegiatan marketing Anda!

Baca Juga: 5 Perbedaan Manajer Sukses Dan Manajer Gagal, Anda Pernah Merasakan?

03 / 01 / 2018
by Editor
tagline