Koleksi artikel SEMEN GRESIK Business Care Center

Tak Takut Memulai dari Nol, Ini Kisah Pendiri Youtube Hingga Sukses

Oleh: Evelyn Davsy 

Sebagai situs berbagai video, Youtube tentu bukanlah hal yang asing lagi bagi Anda. Adalah Steve Chen, salah satu tokoh di balik kesuksesan dari Youtube. Bersama dengan dua rekannya, yaitu Chad Hurley dan Jawed Karim, Steve mendirikan Youtube dari titik nol. Dilansir dari finansialku.com, berikut kisah Steve Chen dalam membangun Youtube hingga sukses seperti sekarang.

Keluar dari pekerjaan tetapnya di Facebook demi membangun Youtube.

Saat eBay membeli PayPal sebesar 1,54 miliar dolar, para karyawan PayPal memperoleh bonus yang cukup besar. Chad Hurley dan Steve Chen pun  untuk menggunakan bonus tersebut sebagai modal untuk mendirikan mimpi mereka berdua. 

Mulanya, Chad Hurley dan Steve Chen mendirikan Youtube karena mereka ingin membagikan video acara pesta makan di San Fransisco. Namun karena ukuran file yang terlalu besar, video tersebut tak bisa diunggah melalui e-mail. Dari sinilah keduanya kemudian memiliki ide untuk membangun Youtube.

Chad yang merancang tampilan logo Youtube memegang peran sebagai CEO, Chen bertugas di bagian teknis dan berperan sebagai CTO (Chief Technology Officer), sedangkan Karim membantu bagian teknis sambil melanjutkan studinya.

Youtube mendapat suntikan dana investasi dan berkembang dengan pesat.

wikimedia.org

Pada November 2005, Youtube mendapat suntikan dana dari Sequioa Capital menyuntikkan dana senilai $11,5 juta. Situs Youtube lantas mulai mengalami perkembangan yang cukup pesat pada Juli 2006, dimana terdapat lebih dari 65.000 video yang diunggah  setiap harinya, serta mendapatkan jumlah views mencapai 100 juta per harinya. 

Baca Juga: 5 Tips Kepemimpinan Dari Warren Buffet, Bikin Sukses

Youtube dibeli oleh Google.

digitaltrends.com

Kesuksesan Youtube rupanya menarik perhatian pihak Google pada Juli 2006. Majalah Forbes pun pernah mengestimasikan pendapatan Youtube dan mengungkapkan bahwa pada tahun 2008 Youtube memperoleh hingga 200 juta dolar dari advertising. Selain itu, data terakhir menunjukkan bahwa pada Januari 2012, Youtube telah mencapai 4 miliar kunjungan per hari.

Jangan takut untuk memulai. 

youtube.com

Kisah Steve Chen pun menunjukkan bahwa tak ada salahnya untuk mengambil langka dalam mengejar impian kita dalam pekerjaan. Meskipun telah memiliki pekerjaan tetap, Steve Chen dan rekannya pun berani mengambil risiko dan keluar demi membangun Youtube. 

Jadi, sudah siap mendirikan dan mengembangkan bisnis Anda sendiri?

Baca Juga: Hindari 5 Kesalahan Keuangan Ini, Agar Tak Menyesal Saat Usia 30 Tahun

10 / 01 / 2018
by Editor
tagline