Koleksi artikel SEMEN GRESIK Business Care Center

Tanpa Sengaja, Anda Mengecewakan Konsumen dengan 5 Hal Ini

“Konsumen adalah raja”, itulah kalimat yang sering kali Anda dengar dalam dunia bisnis dan perdagangan.

 

Oleh: Redaksi

Sebagai seorang yang diperlakukan layaknya Raja, konsumen harus Anda pastikan merasa senang dengan layanan atau produk yang Anda berikan. Lalu bagaimana jika para konsumen merasa kecewa dengan produk atau jasa yang diberikan? Apa yang harus diperbuat jika Anda menemui kondisi demikian?

Berikut 5 alasan mengapa konsumen merasa kecewa dan bagaimana cara mengatasinya: 

1. Kualitas Produk Anda tidak memenuhi keinginan konsumen

entouraaj.com

Jika produk yang Anda miliki di bawah standar atau di bawah ekspektasi mereka, maka mereka akan segera mencari pengganti produk Anda. Cara mengatasi masalah ini adalah dengan memperhatikan setiap feedback yang diberikan oleh para konsumen Anda. Anda harus memahami dengan baik bagaimana agar produk yang dimiliki dapat memenuhi kebutuhan para pelanggan serta apa saja perbaikan yang diperlukan.

2. Pelayanan yang Anda terapkan kurang, bahkan buruk!

 

Meskipun Anda memiliki produk yang berkualitas namun pelayanan pelanggan yang Anda berikan buruk. Lama-kelamaan produk Anda akan ditinggalkan oleh para pelanggan. Pelanggan yang kecewa dengan pelayanan Anda akan lebih sering menyebarkan berita buruk dengan calon pelanggan yang lain. Hal yang lebih parah lagi, berita negatif akan diingat lebih lama di dalam benak konsumen.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda harus memastikan para konsumen mengetahui bahwa keluhannya telah diterima dengan baik. Serta pastikan juga Anda menindaklanjuti setiap keluhan yang mereka berikan.

Baca Juga: Makin Untung, Ini Cara Cerdas Beriklan Di Media Online!

3. Anda menaikkan harga tanpa melakukan riset

 

Sebelum Anda akan menaikan harga produk kepada para konsumen, rencanakan dengan baik detail kenaikan harga tersebut. Buat sebuah riset apakah dengan kenaikan harga tersebut para pelanggan tetap menghargai value produk yang ada. Selain itu pikirkan apa yang kira-kira akan ditolak para konsumen jika terjadi kenaikan harga.

4. Anda tidak memberikan penawaran yang lebih baik dibanding kompetitor

 

Jika produk Anda tidak memiliki nilai lebih yang bisa ditawarkan dibandingkan dengan kompetitor, maka Anda memiliki masalah. Anda harus menciptkan nilai lebih yang unik atau sesuatu yang tidak diberikan oleh para kompetitor. Lalu komunikasikan secara konsisten nilai lebih tersebut kepada para konsumen.

Berikan alasan kepada mereka, mengapa mereka harus memilih produk Anda dibandingkan dengan produk yang lain.

5. Anda tidak menciptakan hal yang membangun loyalitas 

 

Jika perusahaan Anda tidak menciptakan loyalitas kepada konsumen, maka pelanggan akan selalu mencari harga terendah yang bisa mereka temukan. Strategi loyalitas konsumen yang sering dilakukan adalah dengan memberikan insentif berupa barang gratis yang akan membuat pelanggan datang kembali untuk membeli. Hal seperti ini akan mendorong para konsumen lebih setia kepada perusahaan Anda.

Selalu ingatkan setiap program loyalitas kepada para konsumen Anda saat terjadi komunikasi dengan mereka.

Baca Juga: 3 Teknik Psikologi Ini Bisa Buat Penjualan Meningkat, Lho!

22 / 12 / 2017
by Editor
tagline