Ternyata Orang Introvert Lebih Jago Menjual Produk, Lho. Kok Bisa, Ya?

Oleh: Evelyn Davsy 

Introvert seringakali dianggap sebagai orang yang pemalu dan tidak bisa berbicara di depan umum. Mereka dianggap sebagai pribadi yang memiliki kemampuan berkomunikasi yang buruk. Seorang introvert pun akhirnya dianggap tidak dapat menjual produk. Padahal anggapan ini tidak benar, lho.

Introvert bukannya tak bisa berbicara di depan umum dan pemalu, mereka hanya nyaman dengan diri mereka sendiri dan lingkaran sosial yang kecil. Mereka lebih suka berbicara mendalam dengan sedikit orang daripada berbasa-basi dengan banyak orang. Kemampuan ini justru membuat mereka lebih dapat menjual produk dengan baik, lho. 

Berikut adalah alasan kenapa introvert justru merupakan sales person yang handal. 

Seorang introvert akan sangat memahami produk yang mereka jual.

hrmasia.com

Seorang introvert akan selalu berusaha memahami segala sesuatu dengan mendalam, termasuk produk yang mereka jual. Ketika seorang introvert memasarkan sebuah produk, ia akan langsung berusaha memahami apakah produk yang dijualnya sesuai dengan kebutuhan konsumen tersebut atau tidak.

Sebelum memasarkan produk, ia akan menentukan apakah memang seseorang merupakan konsumen yang tepat untuk produk yang dijualnya. Jika tidak, seorang introvert tidak akan menghabiskan waktu dan langsung mencari konsumen yang memang sesuai dengan produk yang dijualnya. 

Mereka mempersiapkan presentasi dan sudah bersiap-siap dengan penolakan. 

youroralhealthhub.com

Introvert tidak akan sembarangan dalam menjual produk. Mereka akan benar-benar mempersiapkan diri sebelum memasarkan sebuah produk. Selain itu, mereka akan mempersiapkan diri akan penolakan ataupun sanggahan. Jadi ketika hal itu terjadi, introvert akan lebih bisa mengatasinya. 

Memiliki pemikiran jangka panjang. 

ibi.com.hk

Ekstovert memiliki banyak teman dan bisa bergaul dengan siapa saja. Mereka bisa berteman dengan satu orang, lalu langsung berpindah pada orang lain. Namun ekstrovert tidak memiliki koneksi yang mendalam. Berbeda dengan ekstrovert, introvert justru akan berteman dengan sejumlah orang yang tidak banyak, namun ia selalu berusaha terus terhubung dengan mendalam. 

Dalam sales, ekstrovert memang akan sukses, namun hanya dalam jangka waktu yang pendek. Sebaiknya, kesuksesan introvert dalam sales tidak berlangsung begitu saja, namun bertahap dan konsisten. Mereka dapat menjaga hubungan dengan konsumen lama dengan baik, sembari perlahan-lahan mencari konsumen baru. Introvert pun akan memiliki banyak konsumen yang setia karena kemampuannya untuk membangun hubungan yang mendalam tersebut. 

Nah, percaya kan kalau introvert juga bisa jadi seorang sales yang handal? Namun terlepas dari apakah Anda introvert atau ekstrovert, niat dan kemauan belajar adalah kunci sukses Anda dalam menjual produk. 

Marketing Sales | 28 / 11 / 2017 | 68